Penafsiran Qishas dalam Tafsir Firdaws Al-Naim Karya Thaifur Ali Wafa: surah Al-Baqarah 178-179

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hazrina, Nurin (2019) Penafsiran Qishas dalam Tafsir Firdaws Al-Naim Karya Thaifur Ali Wafa: surah Al-Baqarah 178-179. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurin Hazrina_E03215041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji surah Al-Baqarah dalam kitab Tafsir Firdaws al-Na‘īm bi Tawdīh Ma‘ānī Āyāt al-Qur’ān al-Karīm dengan judul Qishas dalam Tasir Firdaws Al-Naim (surah Al-Baqarah 178-179). Kajian ini menarik karena Thaifur adalah kiai yang lahir dan menetap di Sumenep Madura yang masyarakatnya mengganggap laki-laki lebih superior dibandingkan perempuan. Fokus penelitian di sini Tafsir Firdaws al-Naim dari perspektif disiplin keilmuan tafsir dimana tujuan utamanya adalah memperoleh jawaban dari Bagaimana penafsiran Surah Al-Baqarah 178-179 dalam Tafsir Firdaws al-Na‘īm bi Tawdīh Ma‘ānī Āyāt al-Qur’ān al-Karīm Bagaimana Implikasi dalam surah Al-Baqarah 178-179. Untuk mencapai penelitian, penelitian ini bersifat library research dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Berdasarkan data yang digunakan dalam penelitian ini maka sumber datannya mengambil Tafsir Firdaws al-Na‘īm bi Tawdīh Ma‘ānī Āyāt al-Qur’ān al-Karīmsebagai sumber data primer dan sumber data sekundernya berasal dari kitab-kitab Tafsir lainnya, seperti Tafsir Al-Azhar, Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Ahkam, Tafsir Kementrian Agama serta buku-buku, jurnal, dan sumber lain yang memiliki kesesuaian dengan penelitian. Hasil dari penelitian yang diperoleh dari penafsiran Thaifur Ali Wafa dalam surah Al-Baqarah adalah pertama, surat ini memberikan pelajaran kepada umat islam untuk melakukan Qishas, karena Qishas adalah salah satu hukuman yang berupa pembalasan terhadap pelaku tindak kejahatan dengan sengaja apa yang sudah diperbuatnya. Kedua, menjaga kehormatan darah manusia, dan tidak boleh seorangpun yang menumpahkan darahnya tanpa alasan yang dibenarkan oleh syariat, karena hukumannya sangat berat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hazrina, NurinAkyunalfian@gmail.comE03215041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
FacsimilistFaruq, UmarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorBakar, AbuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir Firdaws al-Na’im; Al-Baqarah; Qishas
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hazrina Nurin
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:35
Last Modified: 08 Aug 2019 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34103

Actions (login required)

View Item View Item