Pengaruh Faktor Fisika-Kimia Perairan terhadap Kelimpahan dan Keanekaragaman Plankton di Ekosistem Terumbu Karang Alami dan Buatan Perairan Pltu Paiton

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ambarwati, Muliyana (2019) Pengaruh Faktor Fisika-Kimia Perairan terhadap Kelimpahan dan Keanekaragaman Plankton di Ekosistem Terumbu Karang Alami dan Buatan Perairan Pltu Paiton. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muliyana Ambarwati_H74215030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kehidupan plankton yaitu faktor fisik dan faktor kimia. Faktor fisika dan kimia tersebut merupakan parameter lingkungan perairan yang berperan penting terhadap kelimpahan dan keanekaragaman plankton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor fisika-kimia perairan terhadap kelimpahan dan keanekargaman plankton di ekosistem terumbu karang alami dan terumbu buatan perairan PLTU Paiton. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dan Prinsiple Component Analysis (PCA). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa kelimpahan fitoplankton di ekosistem terumbu karang alami berkisar 3.209 – 5.589 sel/L dan ekosistem terumbu buatan berkisar 598 – 856 sel/L. Kelimpahan zooplankton di ekosistem terumbu karang alami dan buatan masing-masing adalah 48 – 70 ind/L dan 23 – 36 ind/L. Kelimpahan fitoplankton di ekosistem terumbu karang alami dan buatan perairan PLTU Paiton memiliki nilai >500 sel/L, sehingga perairan tersebut termasuk kategori kesuburan tinggi. Nilai keanekaragaman plankton di ekosistem terumbu karang alami dan buatan perairan PLTU Paiton berkisar antara 2,19 – 3,25 sehingga dapat dikategorikan tingkat keanekaragaman sedang. Hasil analisis PCA menunjukkan bahwa pada ekosistem terumbu karang alami dan terumbu buatan di perairan PLTU Paiton parameter kecerahan dan pH berhubungan sedang terhadap kelimpahan dan keanekaragaman plankton. Salinitas, DO, dan fosfat berhubungan (+) sangat kuat terhadap kelimpahan dan keanekaragaman plankton. Sementara suhu dan nitrat berhubungan (-) sangat kuat terhadap kelimpahan dan keanekaragaman plankton. Hubungan (-) nitrat dan suhu dengan kelimpahan dan keanekaragaman plankton, yaitu pada ekosistem terumbu karang alami meningkatnya nilai kelimpahan plankton diikuti dengan rendahnya konsentrasi nitrat dan fosfat. Sedangkan pada ekosistem terumbu buatan rendahnya nilai kelimpahan plankton diikuti dengan tingginya konsentrasi nitrat dan fosfat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ambarwati, Muliyanamuliyanaambar856@gmail.comH74215030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah17@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMunir, MisbkhulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Ekologi
Keywords: Kelimpahan plankton; keanekaragaman plankton; faktor fisik-kimia air; kelimpahan plankton
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Ambarwati Muliyana
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:35
Last Modified: 13 Aug 2019 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34119

Actions (login required)

View Item View Item