Representasi dakwah dalam film ayat-ayat cinta 2 (Analisis Semiotik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Bunga Laily (2019) Representasi dakwah dalam film ayat-ayat cinta 2 (Analisis Semiotik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laily Bunga Rahayu_B91215059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menelaah tentang representasi dakwah yang terkandung dalam film Ayat-Ayat Cinta 2. Untuk mengetahuinya, terdapat fokus masalah, yaitu: Bagaimana representasi dakwah dalam film Ayat-Ayat Cinta 2 ?.Untuk menjawab fokus masalah diatas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian teks media. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis semiotik model Roland Barthes dengan signifikasi dua tahap yakni denotasi dan konotasi sebagai kunci analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi.Hasil dari penelitian ini, reprsentasi dakwah dalam film Ayat-Ayat Cinta 2, diantaranya: amanah, toleransi agama, sabar dan tabah serta akhlak terhadap tetangga.Saran untuk peneliti selanjutnya, diharapkan agar bisa lebih mengembangkan penelitian ini dari sisi lain, seperti dikaji menggunakan analisis yang berbeda atau mencari bagaimana proses hijrah seorang Hulya dalam film ini. Karena pada penelitian ini, peneliti hanya fokus pada tokoh Fahri pada bahasan representasi dakwahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Bunga Lailylailybunga83@gmail.comB91215059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdhitama, Tias Satrio-UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Dakwah bil Hal
Keywords: Representasi Dakwah; Film; Semiotik Roland Barthes.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahayu Laily Bunga
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:14
Last Modified: 12 Aug 2019 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34125

Actions (login required)

View Item View Item