Selfie perempuan berhijab pada media sosial "analisis simulacra jean baudrillard"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'rifatul Hanik, Gayu (2019) Selfie perempuan berhijab pada media sosial "analisis simulacra jean baudrillard". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gayu Ma'rifatul Hanik_E01212020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan yang berjudul “Selfie Perempuan Berhijab Pada Media Sosial “Analisis Simulacra Jean Baudrillard”.” Penelitian lapangan ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari perempuan berhijab yaitu selaku orang yang diamati dengan menggunakan pendekatan simulacra Jean Baudrillard. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan selama proses penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan selfie di kalangan perempuan berhijab kemudian diunggah pada media sosial merupakan rutinitas dan adanya kepuasan terhadap diri sendiri. Kegiatan tersebut kemudian dianalisis menggunakan perspektif simulacra Jean Baudrillard. Perspektif simulacra Jean Baudrillard Terdapat tiga orde yakni, pertama orde hukum alam yang mulanya sebuah kewajiban bergeser menjadi konsumsi publik, kedua orde hukum pasar khususnya perempuan berhijab yang berdagang online yang mengharuskan ia menjadi model atas produknya, ketiga hukum struktural yang membuat tanda, citra dan kode yakni antara asli dan palsu berbaur menjadi satu tanpa ada batasan. Hal tersebut yang membuat selfie perempuan berhijab dan kemudian mengunggahnya pada media sosial, hal tersebut telah keluar dari jalur realitas dan menjadikannya sampai pada dunia hiperrealitas atau realitas buatan.
Kata Kunci: Selfie, Media Sosial, Simulacra Jean Baudrillard.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'rifatul Hanik, Gayugayuhanik@gmail.comE01212020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AnnotatorRofhani, RofhaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AnnotatorHelmi Umam, MuchammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya
Keywords: Selfie, media sosial, simulacra jean baudrillard
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Hanik Gayu Ma'rifatul
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:49
Last Modified: 19 Aug 2019 04:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34128

Actions (login required)

View Item View Item