Peningkatan kemampuan menghafal Asmaul Husna melalui media Flashcard pada Kelompok A (Usia 4-5 tahun) di Taman Kanak-Kanak Annur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholiha, Umrotus (2019) Peningkatan kemampuan menghafal Asmaul Husna melalui media Flashcard pada Kelompok A (Usia 4-5 tahun) di Taman Kanak-Kanak Annur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umrotus Sholiha_D98215075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Annur Surabaya. Penelitian ini dillatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam penyampaian materi asmaul husna pada kegiatan belajar diniyyah di kelompok A, alokasi waktu yang terbatas, daya ingat siswa kelompok A rendah terutama dalam mengingat lafadz asmaul husna. Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan menghafal asmaul husna 1-10 dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal asmaul husna 1-10 melalui media flashcard pada kelompok A TK Annur Surabaya. Model penelitian yang digunakan adalah model Kurt Lewin yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan secata kolaboratif yaitu peneliti dan guru bekerja sama selama pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian pada pra siklus dalam kemampuan menghafal asmaul husna 1-10 melalui flashcard mencapai 35% dengan kriteria Mulai Berkembang (MB). Pada siklus I kemampuan menghafal asmaul husna 1-10 melalui flashcard mencapai 76% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dan pada siklus II kemampuan menghafal asmaul husna 1-10 melalui flashcard mencapai 86% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholiha, UmrotusUmrotussholiha18@gmail.comD98215075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko suciptoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Sholiha Umrotus
Date Deposited: 14 Aug 2019 01:38
Last Modified: 14 Aug 2019 01:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34135

Actions (login required)

View Item View Item