Hubungan parameter fisika-kimia air dengan tutupan karang dan struktur komunitas ikan karang di perairan paiton Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maziyyah, Shada (2019) Hubungan parameter fisika-kimia air dengan tutupan karang dan struktur komunitas ikan karang di perairan paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shada Maziyyah_H04215009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wilayah perairan PLTU Paiton, Probolinggo memiliki ekosistem terumbu karang alami dengan keanekaragaman yang tinggi. Ekosistem terumbu karang dapat menjadi pengukur kualitas kondisi perairan dan menjadi habitat ikan karang ataupun biota laut lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara parameter fisika kimia air dengan tutupan karang dan struktur komunitas (kelimpahan dan keanekaragaman) ikan karang. Data yang digunakan adalah data suhu, kecerahan, salinitas, derajat keasaman (pH), oksigen terlarut (DO), nitrat dan fosfat dengan transek pengambilan sampel karang dan ikan karang yaitu 3 transek. Data identifikasi terumbu karang didapat dengan menggunakan metode line intercept transect (LIT) dan data ikan karang didapatkan dengan menggunakan metode Underwater visual census (UVC). Hasil pengukuran parameter fisika kimia air pada ketiga transek yaitu, suhu berkisar antara 30°C - 31°C, kecerahan berkisar 3,5 – 5,7 m, salinitas berkisar antara 30‰ - 31‰, nilai derajat keasaman (pH) berkisar antara 7 – 7,3, kadar oksigen terlarut yaitu 5,7 – 6,4 mg/l, Kandungan nitrat perairan yaitu 0,0102 – 0,103 mg/l, Kandungan fosfat perairan yaitu 0,011 – 0,25 mg/l. Hasil tutupan karang pada perairan Paiton, Probolinggo di kategorikan sedang hingga baik. Kondisi struktur komunitas ikan karang pada perairan Paiton, Probolinggo tergolong banyak hingga melimpah dan keanekaragamannya tinggi. Analisis hubungan dengan Principal Component Analysis (PCA) antara parameter fisika-kimia perairan dengan tutupan karang dan struktur komunitas ikan karang, untuk parameter kecerahan, salinitas, pH, DO dan nitrat mempunyai hubungan positif yaitu dimana antar variabel memiliki hubungan selaras, semakin rendah variabel X maka varabel Y akan menurun sedangkan untuk parameter suhu dan fosfat didapatkan hubungan negatif yaitu dimana antar variabel berhubungan terbalik, semakin naik variabel X maka variabel Y akan menurun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maziyyah, Shadashadamaziyyah@gmail.comH04215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
AuthorPerdanawati, Rizqi Abdiabdirizqi@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Terumbu karang, Ikan karang, principal component analysis, PLTU Paiton
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Maziyyah Shada
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:08
Last Modified: 12 Aug 2019 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34144

Actions (login required)

View Item View Item