Analisis pengaruh sektor industri dan upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Tuban tahun 2013-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musafak, Moch. Ali (2019) Analisis pengaruh sektor industri dan upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Tuban tahun 2013-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Ali Musafak_G71215020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sektor industri merupakan salah satu sektor yang memiliki kontribusi tertinggi di Kabupaten Tuban. Pertumbuhan sektor industri mengalami peningkatan tiap tahunnya dan memiliki pengaruh yang positif terhadap penyerapan tenaga kerja. Upah minimum Kabupaten Tuban juga selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya. Namun apabila peningkatan sektor industri dan upah minimum tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas, maka akan terjadi bertambahnya angka pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial antara sektor industri dan upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Tuban tahun 2013-2017. Jenis penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Data yang dipakai pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Tuban. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data time series menggunakan bantuan program Eviews10 dengan data time series. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel sektor industri dan upah minimum terhadap penyerapan tenaga kerja sebesar 62.10790. Secara parsial variabel sektor industri berpengaruh signifikan positif terhadap penyerapan tenaga kerja. Sedangkan upah minimum berpengaruh signifikan negatif terhadap penyerapan tenaga kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musafak, Moch. Alimusamerdeka@gmail.comG71215020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Tenaga Kerja
Upah Minimum
Keywords: Sektor Industri; Upah Minimum; Penyerapan Tenaga Kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Musafak Moch. Ali
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:44
Last Modified: 09 Aug 2019 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34148

Actions (login required)

View Item View Item