Nilai-nilai pendidikan Islam perspektif Syaikh Musthofa Al Ghalayaini dalam kitab ‘Idhatu An Nasyi’in

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suyuthi, Imam Achmad (2019) Nilai-nilai pendidikan Islam perspektif Syaikh Musthofa Al Ghalayaini dalam kitab ‘Idhatu An Nasyi’in. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Achmad Suyuthi_D01215017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana nilai – nilai pendidikan Islam menurut syaikh musthofa al-ghalayaini dalam kitab ‘Idhatu An-Nasyi’in? (2) Bagaimana relevansi nlai – nilai pendidikan Islam dalam kitab ‘Idhatu An-Nasyi’in dengan tujuan pendidikan karakter ? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya internalisasi nilai – nilai Islam oleh generasi muda, khusunya dalam dunia pendidikan. Pemuda saat ini cenderung melakukan sesuatu hanya karena mengikuti tren kekinian. Gaya hidup hedonis sebagai budaya kehidupan orang – orang barat seakan sudah menjadi gaya hidup (life style) dalam kehidupan para pemuda. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena mereka tidak bisa memfiltrasi dengan baik dan bijak budaya asing yang masuk, apalagi dengan derasnya arus globalisasi yang menuntut semua serba instan dan modern. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang berbentuk deksriptif dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan (library research). Langkah yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menjadikan kitab ‘Idhatu An-Nasyi’in sebagai fokus kajian utama dan juga diperkuat dengan referensi dalil dari Al-Qur’an dan Hadits. Kemudian menelaahnya dan mengkaji nilai – nilai pendidikan Islam dalam kitab tersebut, memverifikasi sesuai tema bahasan sembari mencari relevansi dengan tujuan pendidikan Islam dan pendidikan karakter. Sehingga, pada akhirnya di dapatilah suatu kesimpulan sesuai rumusan masalah. Berdasarkan analisis yang dilakukan penulis terkait rumusan masalah yang ingin dikaji, maka di dapatkan hasil, bahwasanya : Pendidikan Islam perspektif syaikh musthofa al-ghalayaini berarti mengajarkan nilai – nilai posistif dalam benak peserta didik, dilakukan dengan pembiasaan, pantauan ataupun bimbingan orang dewasa dan dilakukan secara terus menerus, sehingga ia menjadi suatu sifat atau watak yang melekat dan membekas dalam jiwa dan terefleksikan dalam bentuk tindakan. Nilai – nilai pendidikan Islam yang dikemukakan di dalam kitab ‘Idhatu An-Nasyi’in juga cukup relevan dan sesuai dengan tujuan pendidikan Islam dan tujuan pendidikan karakter.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suyuthi, Imam Achmadi.suyuthi@yahoo.co.idD01215017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorZaini, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suyuthi Imam Achmad
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:07
Last Modified: 15 Aug 2019 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34163

Actions (login required)

View Item View Item