Representasi kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab dalam Novel Muhammad "Sang Pewaris Hujan" : analisis wacana Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavia, Nur Rahma (2019) Representasi kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab dalam Novel Muhammad "Sang Pewaris Hujan" : analisis wacana Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rahma Oktavia_B76215099.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media saat ini sangat berperan aktif dalam menyampaikan suatu gagasan dalam berbagai aspek dalam kehidupan, salah satunya dalam bidang kepemimpinan. Media massa sebagai salah satu media yang membentuk sebuah wacana memberikan kontribusi besar dalam mempengaruhi pola pikir masyarakat, sehingga hal ini sangat menarik untuk dikaji.
Fokus dalam penelitian ini membahas tentang bagaimana kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab direpresentasikan dalam novel Muhammad “Sang Pewaris Hujan?”. Model analisis yang digunakan adalah analisis wacana Teun A.Van Dijk yang mengkaji suatu wacana dari aspek teks, kognisi sosial, dan konteks sosial..
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab direpresentasikan dalam beberapa karakteristik, diantaranya adalah menciptakan kedekatan emosional dengan umat, kesederhanaan gaya hidup pemimpin islam, bertanggung jawab atas amanah sebagai pemimpin, dan ketegasan yang telah mendarah daging. Sebaiknya peneliti selanjutnya mampu untuk mengkaji aspek-aspek komunikasi lainnya seperti proses produksi naskah pada novel, proses konstruksi karya novel, hingga respon pembaca, karena peneliti saat ini belum mengkaji hal-hal tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavia, Nur Rahmaviaturchan@gmail.comB76215099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Ilmu Komunikasi
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan; Novel; Umar bin Khattab; Wacana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Oktavia Nur Rahma
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:33
Last Modified: 12 Aug 2019 04:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34175

Actions (login required)

View Item View Item