Komunikasi Budaya Kesenian Tari Keling Guno Joyo di Dukuh Mojo Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafiah, Tsalits Maratun (2019) Komunikasi Budaya Kesenian Tari Keling Guno Joyo di Dukuh Mojo Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsalits Maratun Nafiah_B76215106.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesenian Tari Keling Guno Joyo merupakan kesenian tradisional masyarakat dukuh Mojo. Rumusan masalah yang hendak dikaji adalah “Bagaimana Komunikasi Budaya yang ditampilkan dalam Kesenian Tari Keling Guno Joyo di Dukuh Mojo Desa Singgahan Kec. Pulung Kab. Ponorogo?” Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengn pendekatan Deskriptif. kemudian data tersebut dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dan dikritisi melalui teori persepsi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa komunikasi budaya dalam pementasan kesenian Tari Keling Guno Joyo dilakukan dengan cara komunikasi verbal dan nonverbal yakni melalui candra, tembang dan nyanyian-nyanyian keling dan alat musik pengiring tari (gamelan). Dalam pementasan terdapat pesan yang disampaikan sehingga kesenian tari keling dapat digunakan sebagai media komunikasi tradisional. Beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas kesenian tari Keling Guno Joyo ialah memperhatikan fenomena yang terjadi pada kesenian zaman sekarang khususnya kesenian Tari Keling Guno Joyo. Dan untuk peneliti berikutnya, perlu dikaji lebih dalam tentang seberapa besar manfaat kesenian Tari Keling untuk masyarakat sekitar, agar diperoleh hasil yang lebih komprehensif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafiah, Tsalits MaratunTsalits218@gmail.comB76215106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Kesenian
Budaya
Keywords: Komunikasi Budaya; Kesenian Tari Keling Guno Joyo
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tsalits Maratun Nafiah
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:52
Last Modified: 12 Aug 2019 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34187

Actions (login required)

View Item View Item