Tinjauan hukum Islam dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 terhadap penambahan nominal pada transfer di Online Shop @adorableprojects

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurjanah, Eka (2019) Tinjauan hukum Islam dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 terhadap penambahan nominal pada transfer di Online Shop @adorableprojects. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Nurjanah_C92215097.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skirpsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang “Tinjauan Hukum Islam dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 terhadap penambahan nominal pada pembiayaan transfer di Online shop @adorableprojetcs”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari rumusan masalah mengenai bagaimana mekanisme penambahan nominal pada transfer di online shop adorableprojects dan bagaimana tinjauan hukum Islam dan Undang – Undang No. 8 Tahun 1999 terhadap penambahan nominal pada transfer di online shop @adorableprojects. Penelitan ini menggunakan penelitian kualitatif, data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara (interview), dokumentasi dengan @adorable Projects, beberapa responden di @adorableprojects, dan beberapa gambar yang terkait. Kemudian dianalisis dengan metode deskriptif dengan pola pemikiran deduktif. Pada transaksi jual beli online di @adorableprojects ditemukan beberapa permasalahan, dari pembayaran online menggunakan penamabahan nominal yang dilakukan setelah menerima form list pembayaran kepada customer. Penambahan nominal yang ketidaksesuaian penambahan nominal yang tidak dijelaskan pada transaksi diawal yang membuat customer menanyakan kegunaan yang tidak ketahui sebelumnya.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa transaksi pembayaran online di @adorableprojects dalam hukum Islam sudah sesuai dengan rukun dan syaratnya yaitu jual beli sala>m, dalam jual beli terdapat penentuan harga (tas’ir) yang ada beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya penentuan harga yaitu faktor persaingan dan faktor biaya. Kemudian penambahan nominal ini kurang dijelaskan secara detail kegunaan dari tiga digit dibelakang nominal. Sedangkan menurut Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, pembayaran dengan penambahan nominal terdapat pada pasal 6 huruf (a) ini tidak sesuai dengan kesepakatan diawal dan penambahan nominal tersebut diluar dari promosi produk. Kemudian berkaitan dengan pasal 9 dan 10 mengenai larangan pihak penjual mengenai larangan menawarkan, promosi secara tidak benar pada barang atau jasa. Sedangkan pada pasal 62 (a) dan pasal 63 sebagai acuan apabila pelanggaran dari pasal sebelumnya dan terdapat sanksi bagi yang melakukan pelanggaran tersebut. Sejalan dengan kesimpulan diatas, bahwa disarankan kepada pihak adorableprojects untuk lebih jelas dalam memberikan informasi mengenai pembayaran online dengan menggunakan penambahan nominal dan untuk menggunakan nomor refrensi sebagai ganti dari penambahan nominal agar customer mengetahui kegunaan nomor refrensi dalam transfer di ATM tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurjanah, Ekaekanurjannah2505@gmail.comC92215097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Penambahan Nominal; Transfer
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurjanah Eka
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:59
Last Modified: 15 Aug 2019 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34204

Actions (login required)

View Item View Item