Dakwah Kebangsaan Dr. (HC) Ir. KH. Salahuddin Wahid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yadi, Ahmad (2019) Dakwah Kebangsaan Dr. (HC) Ir. KH. Salahuddin Wahid. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Yadi_F02717215.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bangimana aktivitas dakwah kebangsaan KH. Salahuddin Wahid. Peneltian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif analitik, landasan teori konstruksi sosial Peter L. Burger Luckman dan teori tindakan sosial Max Weber. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa; 1) Dakwah kebangsaan KH. Salahuddin Wahid penekanannya lebih kepada oreantasi dakwah kebangsaan yaitu menyangkut kehidupan bangsa Indonesia, menyangkut keberlangsungan bangsa Indonesia, menyangkut kemajuan bangsa Indonesia, dan menyangkut kehidupan rakyat Indonesia. kemudian pendakwah berperan menajadi pandu Ibu partiwi dengan terlibat dalam membangun jiwa seluruh rakyat bangsa Indonesia, dan memperjuangkan kemajuan bangsa Indonesia. Kemudain berperan membangun karakter atau akhlak bangsa terutama para pemimpin bangsa Indonesia. 2) Aktivitas dakwah kebangsaan KH. Salahuddin Wahid merupakan suatu tindakan yang memiliki sasaran pada pencapaian yang rasional yang sudah diperhitungkan pada sasaranya, dakwah ini suatu upaya dalam menanamkan nilai-nilai keindonesiaan dan keislaman kepada masyarakat santri, mahasiswa, dosen, politisi, dan bahkan kebirokrasi. Adapun proses dalam melakukan tindakan dakwah kebangsaan KH. Salahuddin Wahid yaitu melalui pusat kajian pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan dikemas dengan kegiatan seminar dan halaqoh kebangsaan. Dan terlibat dalam memperjuangkan Hak Asasi Manusia, Dan mendukung kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi dalam memberantas korupsi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yadi, AhmadMuhammadsyiroj@gmail.comF02717215
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Komunikasi Islam
Nasionalisme
Keywords: Aktivitas; Dakwah Kebangsaan; KH. Salahuddin Wahid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yadi Ahmad
Date Deposited: 08 Aug 2019 08:14
Last Modified: 08 Aug 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34223

Actions (login required)

View Item View Item