Kepuasan Konsumen Pendidikan tentang Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khirzatul, Maghfiroh (2019) Kepuasan Konsumen Pendidikan tentang Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khirzatul Maghfiroh_D03215013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul Kepuasan Konsumen Pendidikan Tentang Manajemen Sarana dan Prasaana di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Hal tersebut dilatar belakangi oleh mutu pendidikan memiliki hubungan erat dengan kepuasan konsumen pendidikan, utamanya yaitu peserta didik. Kepuasan konsumen memberikan suatu dorongan untuk menjalin ikatan pada lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelengkapan sarana dan prasaran, manajemen sarana dan prasarana serta kepuasan konsumen tentang manajemen sarana dan prasarana di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai informan kunci yang didukung waka sarana an prasarana, guru, peserta didik serta staf office boy di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kelengkapan sarana dan prasarana di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo terbilang lengkap dan memadai dalam menunjang proses pembelajaran bagi peserta didik maupun pendidik.(2)Manajemen sarana dan prasarana di SMA Muhammadiyah 1 Taman terdiri dari perencanaan barang, pengadaan barang, penyimpanan barang, inventarisasi, pemeliharaan fasilitas secara harian dan periodik, dan penghapusan.(3)Kepuasan konsumen pendidikan tentang pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo terbilang cukup puas karena mempunyai fasilitas yang cukup lengkap serta adanya lif yang memudahkan peserta didik berpindah tempat dengan waktu yang singkat Meskipun terbilang lengkap dan puas, namun tidak dipungkiri adanya hal lain yang membuat peserta didik merasa kurang, yakni pemeliharaan AC ruang kelas. Pihak pengelola sarana dan prasarana mempunyai rencana ke depan yaitu mengajak masyarakat di sekolah baik dari peserta didik, guru sampai staf office boy bersama-sama merawat fasilitas yang ada di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khirzatul, MaghfirohKhirza19@gmail.comDO3215013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, AZUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, Muhammad NurilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maghfiroh Khirzatul
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:34
Last Modified: 09 Aug 2019 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34232

Actions (login required)

View Item View Item