Peran Young Interfaith Peacemaker Community Dalam Upaya Deradikalisasi Agama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahab, M. Royyan Nafis Fathul (2019) Peran Young Interfaith Peacemaker Community Dalam Upaya Deradikalisasi Agama. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Royyan Nafis Fathul Wahab_F52917013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan ideologi radikalisme yang berkembang di Indonesia. Ideologi radikalisme dalam penyebarannya melalui media sosial banyak menyasar pemuda sebagai targetnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa pemuda yang ikut serta menjadi simpatisan terorisme dan bahkan menjalankan aksi teror atas dasar agama. Subjek dari penelitian ini adalah organisasi Young Interfaith Peacemaker Community dan objeknya adalah program Young Interfaith Peacemaker Community yang bisa digunakan sebagai alternatif deradikalisasi agama. Tujuan dari penelitian ini yakni: mengeksplorasi program Young Intrfaith Peacemaker Community dalam upaya deradikalisasi agama, menganalisa pengejawantahan Program Young Interfaith Peacemaker Community dalam upaya deradikalisasi agama, dan mengeksplorasi Peran Young Interfaith Peacemaker Community dalam upaya deradikalisasi agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dianalisa secara deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumen terkait program Young Interfaith Peacemaker Community sebagai sumber primer dan buku, jurnal, majalah, dan informasi internet sebagai rujukan sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Young Interfaith Peacemaker Community memiliki peran sebagai wadah dan fasilitator pemuda lintas agama yang berkonsentrasi kepada konsep pendidikan perdamaian dan dialog lintas agama dengan berlandaskan kitab suci untuk membangun perdamaian melalui kader damai dengan cara menyebarkan empat belas dasar nilai perdamaian untuk mengurangi ideologi radikalisme dan intoleransi.
Kata Kunci: Deradikalisasi, Intoleransi, Peran, Perdamaian

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahab, M. Royyan Nafis Fathulm.royyannafis@gmail.comF52917013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Suis Qoimsuisabdullah@yahoo.com196201011997031002
Subjects: Agama
Radikal dan Radikalisme
Sosiologi > Sosiologi Agama
Sosiologi > Sosiologi Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Deradikalisasi; Intoleransi; Peran; Perdamaian
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Wahab M. Royyan Nafis Fathul
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:05
Last Modified: 13 Aug 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34233

Actions (login required)

View Item View Item