Perencaan Pengelolaan Persampahan di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainuddin, Nur Izzati Febriyan (2019) Perencaan Pengelolaan Persampahan di Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Izzati Febriyan Ainuddin_H75215022.pdf

Download (5MB)

Abstract

UIN Sunan Ampel (UINSA) merupakan salah satu perguruan tinggi islam negeri di Surabaya. Hingga tahun 2018 jumlah civitas akademika UINSA mencapai 19.462 jiwa yang mendorong peningkatan jumlah timbulan sampah, sehingga diperlukan pengelolaan sampah yang tepat. Tujuan dari penelitian ini yaitu merencanakan aspek teknis pengelolaan sampah sesuai kondisi eksisting UINSA yang didasarkan jumlah timbulan, komposisi dan karakteristik sampah. Data primer yang dibutuhkan berupa jumlah timbulan dan komposisi sampah didapatkan dengan metode SNI 19-3964-1994 yang dilakukan selama 8 hari, kemudian karakteristik sampah berupa kadar air, kadar abu, pospat dan C-Organik. Sedangkan data sekunder yaitu data pengelolaan sampah secara eksisting. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-kuantitatif. Hasil sampling menunjukkan bahwa timbulan sampah rata-rata sebesar 276,1 kg/hari atau 835,82 L/hari. Komposisi sampah terbanyak yaitu sampah daur ulang (plastik, kertas, kardus, dll) sebesar 49%, sampah organik 42,8% dan sampah residu (Styrofoam, diapers, cartridge, dll) 8,8%. Kadar air didapatkan sebesar 42%, kadar abu sampah sebesar 36%, kadar P2O5 sebesar 12% dan kadar C-organik sebesar 10%. Proyeksi timbulan sampah tahun 2023 diperkirakan sebesar 6.048,84 L/hari. Hasil proyeksi dan komposisi sampah digunakan sebagai salah satu pertimbangan perencanaan. Pewadahan direncanakan menggunakan wadah terpisah 3 jenis (organik, daur ulang dan residu) dengan pengumpulan sampah 1 kali sehari dengan sekali ritasi menggunakan pick up sampah. Sampah organik akan dipindahkan ke tempat pengomposan, untuk dikomposkan dengan metode ¬in vessel. Sampah daur ulang akan dipindahkan ke bank sampah UINSA. Sedangkan untuk sampah residu akan dipindahkan ke TPS UINSA yang selanjutnya diangkut ke TPA Benowo dengan waktu pengangkutan tujuh hari sekali oleh DKRTH Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainuddin, Nur Izzati Febriyannurizzati.febriyan@gmail.comH75215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNengse, SulistiyaSulistiya703@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwaznaauvaria@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Teknik Lingkungan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ainuddin Nur Izzati Febriyan
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:49
Last Modified: 09 Aug 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34266

Actions (login required)

View Item View Item