Sejarah Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al-Furqon Wedoroanom Driyorejo Gresik Tahun 1993-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Fitria Nur (2019) Sejarah Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al-Furqon Wedoroanom Driyorejo Gresik Tahun 1993-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Nur Laili_A7224061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana sejarah berdirinya Yayasan Pondok Pesantren Al-Furqon Wedoroanom Driyorejo Gresik, (2). Bagaimana perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al-Furqon Wedoroanom Driyorejo Gresik, (3). Bagaimana respon masyarakat terhadap eksistensi Yayasan Pondok Pesantren Al-Furqon Wedoroanom Driyorejo Gresik, Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah. Teoriyang digunakan adalah teori Continuity and Change oleh John Obert Voll dan Challenge and Respons oleh Arnold J. Toynbee. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Yayasan Pondok Pesantren Al-Furqon didirikan pada tanggal 01 Juli 1993 M Oleh KH Mashuri Abdurrahim dan dirintis oleh beberapa tokoh diantarannya KH Bashor Abdurrahim, KH Bagus Riski di Wilayah Wedoroanom Driyorejo Gresik. (2) Perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Al-Furqon meliputi tiga lembaga yaitu lembaga pendidikan diantarannya KB-TK Al-Furqon, SD Al-Furqon, SMP Al-Furqon, SMP Unggulan AL-Furqon, SMA Al-Furqon, SMK Al-Furqon, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Furqon dan Madrasatul Mu’allimin Al-Islamiyah (MMI); Lembaga sosial meliputi panti asuhan Beabdurrahim, El-Hidayati, De Abu Bakar, Sasukamdi dan Arrohyati; Lembaga dakwah meliputi Majlis Ta’lim dan Solidaritas Alumni Pondok Pesantren Al-Furqon. (3) Respon masyarakat terhadap eksistensi Yayasan Pondok Pesantren Al-Furqon sangat beragam, ada yang merespon secara positif dan ada pula yang negatif. Respon tersebut timbul dikarenakan adanya interaksi antara pihak Yayasan dan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Fitria Nurfitrianurlaili05@gmail.comA72214061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi DH, Ahmadzuhdidh@gmail.com196110111991031001
Subjects: Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah dan Perkembangan; Yayasan Pondok Pesantren Al-Furqon
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Laili Fitria Nur
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:20
Last Modified: 14 Aug 2019 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34268

Actions (login required)

View Item View Item