Diversitas Holothuroidea di Perairan Pantai Utara Jawa Timur dan Pulau Mandangin Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wildati, Agustin Nur (2019) Diversitas Holothuroidea di Perairan Pantai Utara Jawa Timur dan Pulau Mandangin Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agustin Nur Wildati_H01215001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki garis pantai terpanjang kedua, berada di daerah khatulistiwa dengan iklim tropis, mendapatkan curah hujan, intensitas cahaya matahari, dan penyerapan air yang konsisten dan tinggi di sepanjang tahun. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang begitu besar di daratan maupun di lautan. Pantai Utara Jawa Timur khususnya Situbondo, diduga termasuk kedalam daerah dengan eksploitasi Holothuroidea yang berlebih. Untuk dapat menguatkan hal tersebut, maka perlu diketahui pula lokasi dengan eksploitasi yang jarang, yakni Pulau Mandangin, Madura. Penelitian Holothuroidea ini bertujuan untuk mengetahui diversitas Holothuroidea di Pantai Utara Jawa Timur dan Pulau Mandangin Madura. Penelitian ini termasuk penelitian eksploratif. Holothuroidea diamati di siang hari menggunakan metode line transect tegak lurus garis pantai kemudian dianalisis menggunakan indeks diversitas Shannon-Wienner, frekuensi kehadiran, indeks dominansi dan karakteristik habitat. Berdasarkan hasil pengamatan maka didapatkan 14 spesies dengan dua spesies diduga masuk kedalam new record species di Jawa Timur, yakni Holothuria immobilis Semper, 1868 dan Synaptula reciprocans Forsskâl, 1775. Nilai diversitas di Pulau Mandangin lebih tinggi daripada Pantai Utara Jawa Timur dengan nilai indeks masing-masing sebesar H’=0,14 dan H’=0,69. Distribusi Holothuroidea paling luas adalah Holothuria (Mertensiothuria) leucospilota Brandt, 1835 yang didapatkan di enam dari sembilan titik pengambilan sampel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wildati, Agustin Nuragustinnurwildati1@gmail.comH01215001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahri, SaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRokhim, SaikuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSetyastuti, AnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Ekologi
Keywords: Diversitas; Distribusi;Bahr Holothuroidea
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Wildati Agustin Nur
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:56
Last Modified: 09 Aug 2019 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34278

Actions (login required)

View Item View Item