Strategi Komunikasi PT. Jasa Raharja dalam Menyosialisasikan Asuransi Kecelakaan terhadap Masyarakat di Surabaya: studi pada PT. Jasa Raharja Surabaya Cabang Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rijal, Mohammad Saifur (2019) Strategi Komunikasi PT. Jasa Raharja dalam Menyosialisasikan Asuransi Kecelakaan terhadap Masyarakat di Surabaya: studi pada PT. Jasa Raharja Surabaya Cabang Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Saifur Rijal_B06215023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang dikaji penelitian ini adalah: Bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Jasa Raharja dalam upaya menyosialisasikan asuransi kecelakaan terhadap masyarakat di Surabaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan peneliti yaitu teori Stimulus Organisme Respon (S-O-R).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi yang digunakan oleh Jasa Raharja yaitu To Secure Understanding dimana komunikator memastikan bahwa terjadi suatu pengertian dalam berkomunikasi. (1) Pemberian pelayanan yang ramah dan prima terhadap masyarakat, dalam hal ini Jasa Raharja mempunyai cara sendiri yaitu dengan menggunakan konsep PRIME dimana sasaran strategi PT Jasa Raharja adalah masyarakat Surabaya. (2) Pemberian pemahaman mengenai asuransi kecelakaan sangatlah penting, serta adanya peningkatan nilai santunan, karena telah terjadi perubahan pada faktor kebutuhan hidup inflasi, antara lain kenaikan biaya rumah sakit, obat-obatan, dan kenaikan biaya penguburan. (3) Sinergitas PT. Jasa Raharja dengan Polri dan pihak Rumah Sakit. (4) PT Jasa Raharja mempunyai cara sendiri dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat yaitu Police & Jasa Raharja Go To Campus and Safety Riding dan mengikuti acara Millenial Safety Road dan menggunakan beberapa media yaitu Instagram, Facebook, Twitter dan Radio.Saran dalam penelitian ini adalah dalam melakukan penyampaian informasi tentang asuransi kecelakaan lebih dimaksimalkan, khususnya dalam mensosialisasikan asuransi kecelakaan terhadap masyarakat dan sosialisasi yang dilakukan di sekolah-sekolah di wilayah Surabaya sekitar dilakukan lebih rutin. Jasa Raharja selaku komunikator agar lebih mampu meningkatkan penyebaran informasi kepada masyarakat untuk menambah wawasan terhadap masyarkat (komunikan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rijal, Mohammad Saifursaifurriri@gmail.comB06215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlis-UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rijal Mohammad Saifur
Date Deposited: 12 Aug 2019 05:09
Last Modified: 12 Aug 2019 05:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34281

Actions (login required)

View Item View Item