Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Pasar Desa Sekaran Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Fitta Oktafiatul (2019) Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Pasar Desa Sekaran Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitta Oktafiatul Fahmi_B02215010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi tentang penelitian pendampingan kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah pasar Desa Sekaran sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Dengan membangun kesadaran terhadap potensi sampah yang dapat dimanfaatkan sebagai alat menuju perubahan yang positif bagi masyarakat. Sehingga sampah yang awalnya hanya dipandang sebagai sumber masalah kini dapat dimanfaatkan sebagai aset lingkungan yang memiliki potensi sebagai pendongkrak menuju lingkungan yang sehat dan bersih, yaitu dengan strategi yang dilakukan dan hasil seperti apa yang ingin dicapai. Dengan merumuskan beberapa fokus penelitian yaitu 1) bagaimana proses pendampingan masyarakat dalam pengelolaan sampah pasar di Desa Sekaran? 2) bagaimana hasil dari proses pendampingan masyarakat dalam pengelolaan sampah pasar di Desa Sekaran? Pendampingan ini menggunkan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), yakni pendampingan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memobilisasi aset untuk meraih tujuan yang diinginkan. ABCD memanfaatkan aset dan kekuatan yang dimiliki oleh seluruh manusia/ masyarakat dalam melakukan sebuah perubahan sosial. Proses pendampingan masyarakat dalam pengelolaan sampah pasar Desa Sekaran yaitu dimulai dengan inkulturasi kepada masyarakat, sebagai pendekatan awal dan dilanjutkan dengan dinamika proses pemberdayaan yaitu pembentukan kelompok riset, mengungkap masa lalu (Discovery), menemu kenali aset, memimpikan masa depan (Dream), menyusun rencana program (Design) dengan melalui beberapa tahapan FGD bersama masyarakat, kemudian Destiny dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi program. Dari proses tersebut menghasilkan beberapa program diantaranya adalah jum’at bersih dengan pemilahan sampah, dilanjutkan dengan pengadaan tong sampah pembeda sebagai upaya penyadaran kepada masyarakat, dan aksi lanjutan yaitu pelatihan pembuatan pupuk kompos dari sampah organik dengan teknik takakura.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Fitta Oktafiatulvitaoktavia59@gmail.comB02215010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.id196703251994032002
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pengelolaan Sampah; Lingkugan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fahmi Fitta Oktafiatul
Date Deposited: 14 Aug 2019 01:22
Last Modified: 14 Aug 2019 01:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34300

Actions (login required)

View Item View Item