Hubungan antara iklim kelas dengan sense of school belonging di sekolah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Jannatul (2019) Hubungan antara iklim kelas dengan sense of school belonging di sekolah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
jannatul firdaus_J71214059 - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara iklim kelas dengan sense of school belonging di sekolah. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 68 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala iklim kelas dan skala sense of school belonging. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi Product Moment sebesar 0,000 dengan nilai koefisien 0,485 yang menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 ( < 0,05). Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim kelas dengan sense of school belonging pada siswa SMK Metrika Surabaya. Jadi dapat disimpulkan jika Iklim kelas positif maka akan terjadi peningkatan sense of school belonging pada siswa dan sebaliknya, jika iklim kelas negatif maka akan terjadi penurunan sense of school belonging pada siswa.

Kata Kunci : Iklim kelas dan Sense of school belonging

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Jannatuljannahfirdah@gmail.comJ71214059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorrosyidi, hamimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan
Remaja
Keywords: Iklim kelas : Sense of school belonging
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Firdaus Jannatul
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:38
Last Modified: 14 Aug 2019 02:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34303

Actions (login required)

View Item View Item