Pengaruh sub sektor industri kecil dan sub sektor tanaman pangan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Sleman Tahun 2013-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Desyana Eka (2019) Pengaruh sub sektor industri kecil dan sub sektor tanaman pangan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Sleman Tahun 2013-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Desyana Eka Wati_G71215028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan perekonomian di suatu daerah bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi secara agregat yang bisa dihitung melalui PDRB. PDRB merupakan nilai tambah yang ditimbulkan dari berbagai sektor atau lapangan usaha yang melakukan kegiatan usahanya di suatu daerah. Kabupaten Sleman memiliki dua sub sektor yang mendominasi yaitu pada sub sektor industri kecil dan sub sektor tanaman pangan dimana Kabupaten Sleman dijuluki “Sleman Swasembada Pangan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah sektor industri kecil dan sektor tanaman pangan berpengaruh secara parsial terhadap PDRB di Kabupaten Sleman tahun 2013-2017. Apakah sektor industri kecil dan sektor tanaman pangan berpengaruh secara simultan terhadap PDRB Kabupaten Sleman tahun 2013-2017. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan menganalisis sub sektor industri kecil dan sub sektor tanaman pangan terhadap PDRB secara simultan dan secara parsial. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Data yang didapatkan merupakan data sekunder yang diterbitkan oleh BPS Kabupaten Sleman pada tahun 2013-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor industri kecil berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB dan sektor tanaman pangan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB. Lalu secara simultan sektor industri kecil dan sektor tanaman pangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB di Kabupaten Sleman, karena nilai probabilitas F-Statistic sebesar 0.016374 < 0.05 jadi Ho ditolak dan H1 diterima (secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan). Dengan adanya penelitian ini, diharapkan sektor industri kecil dan sektor tanaman pangan terus mampu menjad sektor yang mendominasi terhadap produk domestik regional bruto. Saran dalam penelitian ini pemerintah Kabupaten Sleman harus memperhatikan aspek penting dalam hal menjaga hasil produksi industri kecil untuk di ekspor ke luar negeri, melalui kebijakan yang sudah dterapkan dengan membina kelompok usaha bersama dengan meningkatkan kemampuan pengelolaan industri kecilnya. Selain itu harus menjaga hasil produksi tanaman pangan agar tidak turun setiap tahunnya yang dikarenakan perluasan kawasan industri melalui kebijakan peningkatan penganeka ragaman hasil pangan olahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Desyana Ekadesyanaew@gmail.comG71215028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, NurlailahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Wati Desyana Eka
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:28
Last Modified: 08 Aug 2019 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34305

Actions (login required)

View Item View Item