Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Gestalt untuk Mengatasi Korban Bullying di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohma, Reni Eka Nikmatur (2019) Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Gestalt untuk Mengatasi Korban Bullying di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reni Eka Nikmatur Rohma_B93215113.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan terapi Gestalt untuk mengatasi korban bullying di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya?, (2) Bagaimanakah hasil akhir pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan terapi Gestalt untuk mengatasi korban bullying di SMP Muhammadiyah 11 Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang peneliti dapatkan di lapangan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan antara konsep teori dengan keadaan lapangan serta membandingkan hasil data yang diperoleh dengan melihat perbandingan keadaan perilaku klien sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan konseling. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa perilaku bullying yang terjadi disebabkan karena faktor internal yaitu dari sikap klien sendiri yang mudah tersinggung dan merasa iri dengan pelaku dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan keluarga dan tempat tinggal. Proses konseling dilakukan dengan 5 langkah, yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment atau terapi dan evaluasi. Dalam terapi ini peneliti menggunakan terapi Gestalt untuk memperoleh kesadaran klien dan tanggung jawab klien atas pilihan-pilihan yang diambilnya saat ini dan sekarang, serta peneliti memilih teknik kursi kosong untuk mengetahui lebih perasaan-perasaan yang bergejolak dalam diri klien yang diingkarinya. Unsur keislaman dimasukan dalam terapi ini berupa metode dzikir dengan tujuan supaya hati klien diberikan ketenangan dan ketenteraman serta dapat mengontrol emosi. Hasil akhir dari penelitian ini, klien sadar bahwa masalah yang tercipta juga karena sikapnya sendiri yang masih kekanak-kanakan dan sikap irinya melihat pelaku yang memiliki banyak teman dan klien berani mengambil tanggung jawab terhadap keputusan yang diambilnya selain itu klien mampu mengendalikan emosinya dan belajar untuk tidak mudah terpancing amarah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohma, Reni Eka Nikmaturnrenieka97@gmail.comB93215113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, SriUNSPECIFIED195902051986032004
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Terapi Gestalt dan Bullying
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rohma Reni Eka Nikmatur
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:53
Last Modified: 13 Aug 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34315

Actions (login required)

View Item View Item