Studi korelasi pola distribusi dan kelimpahan sea urchin (diadema setosum) terhadap kondisi tutupan karang di perairan pulau gili noko, kabupaten Gresik)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jasmine, Berlianny Ovina (2019) Studi korelasi pola distribusi dan kelimpahan sea urchin (diadema setosum) terhadap kondisi tutupan karang di perairan pulau gili noko, kabupaten Gresik). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Berlianny Ovina Jasmine_H74215026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pulau Bawean merupakan pulau yang memiliki keanekaragaman biota laut yang sangat beragam. Salah satu di antara biota laut yang terdapat di pulau ini adalah sea urchin jenis Diadema setosum yang termasuk kedalam biota kelas Echinoidea. Keberadaan Diadema setosum sebagai biota herbivora di terumbu karang berperan sebagai biota penyeimbang antara jumlah makroalga dengan tutupan terumbu karang(Aziz, 1995). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelimpahan Diadema setosum, pola distibusi Diadema setosum, kondisi tutupan karang beserta biodiversitasnya, dan korelasi antara kelimpahan dan pola distribusi Diadema setosum terhadap tutupan karang. Metode yang digunakan untuk penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling (metode terpilih). Lokasi pengamatan dilakukan di tiap-tiap sisi Pulau Gili Noko yang mencakup 4 (empat) titik stasiun dilaksanakannya pengamatan dengan 2 (dua) perbedaan kedalaman di masing-masing stasiun, yaitu kedalaman 3 meter dan 5 meter. Pola distribusi yang terbentuk adalah pola mengelompok. Diadema setosum yang berada pada kedalaman 3 meter dan 5 meter memiliki jumlah yang cukup jauh dikarenakan adanya perbedaan kedalaman dan substrat. Tutupan karang di kedalaman 3 meter sebesar 0% karena tidak ada karang yang hidup di wilayah tersebut. Hasil korelasi antara pola distribusi Diadema setosum dengan tutupan karang memiliki nilai 0,082 sehingga dapat dikatakan tidak adanya korelasi di antara kedua variabel. Sedangkan kelimpahan Diadema setosum dengan tutupan karang untuk stasiun penelitian pada kedalaman 5 meter dengan jarak interval 50 meter korelasinya berbanding terbalik dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,534.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jasmine, Berlianny Ovinaberliannyovinajasmine@gmail.comH74215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
SurveyorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@gmail.comUNSPECIFIED
SurveyorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Kelautan
Ekologi
Keywords: Sea Urchin, Diadema setosum, Karang, Kelimpahan, Pola Distribusi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Jasmine Berlianny Ovina
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:25
Last Modified: 16 Aug 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34316

Actions (login required)

View Item View Item