Konstruksi sosial dakwah pengurus Jama'ah Al Khidmah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asmaai, Mashfiyatul (2019) Konstruksi sosial dakwah pengurus Jama'ah Al Khidmah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mashfiyatul Asmaai_F52717239.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jama’ah Al Khidmah merupakan wadah untuk menenangkan hati dan pikiran di tengah-tengah hiruk pikuk dunia. Meskipun Hadhrotusy Syaikh Achmad Asrori Al Ishaqy RA sebagai Mursyid telah kembali pada Allah, jama’ah Al Khidmah semakin bertambah. Kesetiaan pengurus dan jama’ah dalam melestarikan ajaran Mursyid patut dikagumi. Keloyalitasan jama’ah juga sangat terlihat di setiap kegiatan Al Khidmah. Penelitian ini membahas tentang tentang konstruksi sosial dakwah Pengurus Jama’ah Al Khidmah Surabaya. Keseluruhan proses dakwah dimulai dari pendekatan jamaah, dilanjut pada proses bimbingan, penekanan, dinamika dan transisi yang terjadi dalam kegiatan dzikir berjamaah Jama’ah Al Khidmah Surabaya.dikaji dalam penelitian ini. Masalah yang dijawab adalah 1) Bagaimana dakwah Pengurus Jama’ah Al Khidmah Surabaya ?, 2) Bagaimana konstruksi sosial dakwah Pengurus Jama’ah Al Khidmah Surabaya ?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis menggunakan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Jama’ah Al Khidmah Surabaya berdakwah melalui pendekatan kultural dan struktural. Hal itu menyebabkan dakwah Pengurus Jama’ah Al Khidmah Surabaya dapat menyatu dalam hati Masyarakat. Selain itu dakwah Pengurus Jama’ah Al Khidmah Surabaya dinilai dapat memberi solusi atas problematika sosial yang mengganggu ketenangan hati masyarakat. Pengurus Jama’ah Al Khidmah Surabaya mengonstruk dakwahnya menggunakan aspek ketauhidan dan kecintaan terhadap Guru atau Mursyid, bahkan aspek kecintaan terhadap sesama makhluk ciptaan-NYA juga ditekankan dalam dakwahnya. Sehingga jama’ah yang mengikuti kegiatan Al Khidmah dapat lebih yakin pada Kuasa Allah dan memiliki rasa cinta kasih terhadap sesama makhluk meski berbeda keyakinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asmaai, Mashfiyatulmashfiyatul_asmaai@yahoo.comF52717239
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Konstruksi Sosial; Dakwah; Majelis Dzikir; Al Khidmah
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Asmaai Mashfiyatul
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:27
Last Modified: 09 Aug 2019 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34341

Actions (login required)

View Item View Item