Gesture Agoes Ali Masyhuri Dalam Pengajian Rutin Tentang Rezeki Di Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhimah, Ilmi Mustafidhah (2019) Gesture Agoes Ali Masyhuri Dalam Pengajian Rutin Tentang Rezeki Di Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmi Mustafidhah Rokhimah_ B91215088.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Gaya Gerak Tubuh Agoes Ali Masyhuri dalam Pengajian Rutin di Pondok Pesantren Progresif Sidoarjo. Untuk membahas fokus masalah tersebut, ada beberapa permasalahan yang akan di jawab, yaitu: (1) Bagaimana gaya gerak tubuh Gus Ali Masyhuri dalam pengajian rutin di Pondok Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo? Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang prinsip analisis datanya menggunakan deskriptif-kualitatif, dengan pendekatan subjektif serta teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Kesimpulan atau hasil penelitian yaitu : Gaya gerak seorang da’i saat ceramah, ditinjau dari sikap badan, ekspresi wajah, mata, dan penampilan atau pakaian. Selama ceramahnya, Gus Ali bersikap tenang dan berwibawa layaknya seorang ayah yang sedang memberikan nasihat kepada anak-anaknya. Apabila diilhat dari expresi wajahnya, Gus Ali selalu memberikan ekspresi yang menyenangkan seperti tersenyum. Terakhir adalah penampilan, Gus Ali selalu berpakaian rapi layaknya seorang ustad dan kiai pada umumnya, yakni menggunakan sarung dan baju koko bahkan Gus Ali menggunakan gamis yang dipadupadankan dengan sorban serta kopyah berwana putih pada saat peneliti observasi dan mengikuti ceramahnya bulan maret 2019 lalu. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan pada gerak tubuh Gus Ali dalam ceramah serta makna dari gerak tersebut, maka pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti tentang gaya suara dan gaya bahasa Gus Ali secara rinci.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhimah, Ilmi Mustafidhahfitto.only@gmail.comB91215088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahrur, RaziUNSPECIFIED196906122006041018
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Lisan
Retorika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rokhimah Ilmi Mustafidhah
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:41
Last Modified: 15 Aug 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34349

Actions (login required)

View Item View Item