This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kuswardana, Dicky Prastya (2019) Hubungan antara literasi kesehatan mental dengan Help Seeking Behavior pada remaja dengan status mental beresiko depresi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Dicky Prastya Kuswardana_J71214038.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Literasi Kesehatan Mental dengan Help Seeking Behavior pada remaja dengan status mental beresiko depresi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala MHKQ (Mental Health Knowledge Questionnaire) dan Skala Help Seeking Behavior. Subjek penelitian ini berjumlah sebanyak 55 orang yang merupakan anggota dari Line Square #WeAreHere dari 373 orang. Teknik analisis data menggunakan teknik Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan literasi kesehatan mental dengan intensitas help seeking behavior pada remaja dengan status mental beresiko depresi dengan taraf signifikansi sebesar 0.002 < 0.05 yang berarti hipotesis diterima. Penelitian ini juga memberikan hasil korelasi sebesar 0.414, yang menunjukan bahwa semakin tinggi kemampuan literasi kesehatan mental maka akan semakin tinggi pula intensitas help seeking behavior yang dilakukan pada remaja dengan status mental beresiko depresi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Depresi Psikologi Remaja |
||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | Kuswardana Dicky Prastya | ||||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2019 07:45 | ||||||||
Last Modified: | 12 Aug 2019 07:45 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34371 |
Actions (login required)
View Item |