Dakwah Pada Masyarakat Petani: studi tindakan komunikatif masyarakat desa Siwalan kecamatan Panceng kabupaten Gresik dalam tradisi sedekah bumi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rejeki, Sri (2019) Dakwah Pada Masyarakat Petani: studi tindakan komunikatif masyarakat desa Siwalan kecamatan Panceng kabupaten Gresik dalam tradisi sedekah bumi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Rejeki_F52171240.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada dua yakni bagaimana masyarakat Jawa dalam melakukan tradisi di Desa Siwalan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, dan Apakah tindakan komunikatif dalam dakwah masyarakat Jawa ditentukan oleh kemampuan agensi tokoh agama dan kesiapan masyarakat melakukan perubahan-perubahan. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi terlibat, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena dakwah pada masyarakat Jawa ini ialah teori tindakan komunikatif Jurgen Habermas. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) masyarakat Jawa dalam melakukan tradisi di Desa Siwalan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik menggunakan uborame, tumpeng, kemenyan, jajanan pasar, dan sajen sedulur papat. Itu semua adalah bahan-bahan yang digunakan dalam upacara ritual sedekah bumi. Perubahan yang terjadi pada pelaksanaan tradisi sedekah bumi sebagai bentuk rasionalitas masyararakat modern (2) Tindakan komunikatif dalam dakwah masyarakat Jawa ditentukan oleh kemampuan agensi tokoh agama serta kesiapan masyarakat dalam melakukan perubahan-perubahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rejeki, Srisrirejeki@gmail.comF52717240
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nurnursyam7@yahoo.co.id195808071986031002
Subjects: Kebudayaan Jawa
Keywords: Dakwah; Masyarakat Jawa; Tindakan Komunikatif
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rejeki Sri
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:13
Last Modified: 09 Aug 2019 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34375

Actions (login required)

View Item View Item