Perilaku Bullying di pondok pesantren: Studi fenomenologi Bullying di Asrama Al Risalah Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amri, Nasikhudin (2019) Perilaku Bullying di pondok pesantren: Studi fenomenologi Bullying di Asrama Al Risalah Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nasikhudin Amri_J71215074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terlepas dari fungsi pondok pesantren sebagai tempat untuk menimba ilmu, terkadang di pondok juga terdapat sebuah fenomena penindasan. Seperti halnya menjadikan salah satu santri sebagai bahan lelucon di depan teman-temannya. Juga terkadang menjadikannya sebagai pesuruh, bahkan dijadikan sasaran emosi. Sehingga membuat santri yang menjadi korban itu merasa takut dan tertekan. Perlakuan santri yang dapat membuat santri lain merasa tertekan baik psikis maupun fisik. Perlakuan ini biasa disebut dengan istilah bullying. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor yang menyebabkan terjadinya bulliying di asrama Al-Risalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Sedangkan, metode penggalian data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil dalam penelitian menjelaskan, bahwa yang menyebabkan terjadinya bullying di asrama Al-Risalah adalah faktor keluarga, teman sebaya, sekolah, lingkungan, media, empati, agresifitas yang tinggi, riwayat korban bullying, melampiaskan masalah pribadi, dan efek rasa jenuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amri, NasikhudinNasikhudinamri@gmail.comJ71215074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, RizmaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Sosial
Santri
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Amri Nasikhudin
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:02
Last Modified: 14 Aug 2019 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34393

Actions (login required)

View Item View Item