Sejarah perkembangan Ma'had Tahfidh Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura: 1991-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatihan, Nazih Agus (2019) Sejarah perkembangan Ma'had Tahfidh Al-Qur'an di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura: 1991-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nazih Agus Fatihan_A02214015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Ma’had Tahfidh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura 1991-2018”. Penelitian ini membatasi 3 masalah (1) Bagaimana Sejarah Berdirinya Ma’had Tahfidh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan? (2) Bagaimana Perkembangan Ma’had Tahfidh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan? (3) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Ma’had Tahfidh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan ?. Penulisan Skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Menggunakan pendekatan Sosiologis dan memanfaatkan 2 teori untuk menganalisis sumber. Teori pertama adalah Social-Institution (Lembaga Sosial) dan teori kedua Continuity And Change (kesinambungan dan perubahan). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Berdirinya Ma’had Tahfidh Al-Qur’an pada tanggal 21 September 1991 bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1412, dengan menyatukan kurikulum berbasis pesantren milik TMI Al-Amien, kurikulum pendidikan nasional milik pemerintah, dan kurikulum khusus Tahfiẓ al-Qur’an. (2) Ma’had Tahfidh Al-Qur’an mengalami perkembangan dari sejak awal berdiri 30 orang santri dan 1.516 santri pada tahun ini. Program yang dimiliki oleh Ma’had Tahfidh Al-Qur’an antara lain program intrakurikuler, ko-kurikuler, ekstrakurikuler, bimbingan dan penyuluhan, dan ketahfidhan. 3) Adapun Faktor pendukung Ma’had Tahfidh Al-Qur’an antara lain: Peran para majlis kiai, peran pengurus dan pengajar, peran masyarakat sekitar pondok, peran para donatur, dukungan para wali santri, dukungan dari pemerintah. Adapun faktor penghambatnya yaitu, pencarian guru tahfiz}, perilaku santri, penentuan target hafalan santri, kesulitan mencari guru pengajar umum, dan kaderisasi alumni.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatihan, Nazih Agusnazihagusfatihan@gmail.comA02214015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKhadafi, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Sejarah; Ma'had Tahfidh Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fatihan Nazih Agus
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:18
Last Modified: 23 Aug 2019 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34397

Actions (login required)

View Item View Item