Edukasi masyarakat dalam mengolah kotoran ternak untuk mewujudkan lingkungan sehat di Desa Sumbermiri Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarihah, Nurul (2019) Edukasi masyarakat dalam mengolah kotoran ternak untuk mewujudkan lingkungan sehat di Desa Sumbermiri Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
NURUL MUFARIHAH_B92215084.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang ditulis dengan judul “Edukasi Masyarakat Dalam Mengolah Kotoran Ternak Untuk Mewujudkan Lingkungan Sehat di Desa Sumbermiri Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk” merupakan riset aksi yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimana strategi pengurangan keterbelengguan masyarakat dalam lingkungan kurang bersih akibat banyaknya kotoran ternak?. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Masyarakat sebagai subjek penetitian serta partisipasi masyarakat dalam proses pemberdayaan. Penelitian ini dimulai dari melihat permasalahan yang ada sampai proses penyelesaiannya. Sehingga terciptanya perubahan sosial sesuai dengan yang dibuthkan oleh masyarakat. Masalah lingkungan kurang bersih karena tingginya kuantitas kotoran ternak di Desa Sumbermiri memiliki dampak buruk yaitu lingkungan menjadi tercemar dan mudah terjangkit penyakit. Dalam proses pemberdayaan mulai dari pemetaan sampai monitoring dan evaluasi dilakukan bersama masyarakat. Perubahan yang terjadi pada masyarakat yaitu masyarakat sadar akan kondisi lingkungan dan memiliki kemampuan dalam mengelola limbah ternak sebagai pupuk BOKASI (Bahan Organik Kaya Akan Gizi), terbentuknya kelompok peduli lingkungan, serta adanya kebijakan mengenai kebersihan lingkungan. Dalam pemberdayaan prespektif dakwah, Islam menganjurkan hidup bersih dan sehat karena bersih itu sebagian dari iman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarihah, Nurulnurul.mufarihah@gmail.comB92215084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Mujibdigilib@uinsby.ac.id2007025902
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mufarihah Nurul
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:52
Last Modified: 13 Aug 2019 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34407

Actions (login required)

View Item View Item