Penakwilan mutashabih al lafz dan dimensi i'jaz dalam surat ali imran (Kajian Kitab Durrah al Tanzil wa Ghurrah al Takwil Karya : Khatib al Iskafi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruri, Imam (2019) Penakwilan mutashabih al lafz dan dimensi i'jaz dalam surat ali imran (Kajian Kitab Durrah al Tanzil wa Ghurrah al Takwil Karya : Khatib al Iskafi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Masruri_F12517339.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tema kajian dalam penelitian ini adalah tentang Penakwilan Mutashabih al Lafz dan Dimensi I’jaz dalam Surat Ali Imran (Kajian Kitab Durrah al Tanzil wa Ghurrah al Takwil karya Khatib al Iskafi. Penelitian ini dalam rangka untuk menganilisis ayat ayat al Qur'an yang didalamnya terdapat kesamaan redaksi antara ayat satu dengan ayat lainya baik dalam satu surat atau berbeda, ilmu ini dalam istilah kajian ulum al Quran ilmu disebut dengan mutashabih al lafz .Materi tentang mutashabih al lafz tidak banyak dikaji kecuali oleh beberapa mufasir saja, salah satunya adalah Khatib al Iskafi dalam kitabnya Durrah al Tanzil wa Ghurrah al Takwil. Tema ini sangat penting untuk dikaji, sebab didalam al Quran setiap ayat yang memiliki kemiripan redaksi terdapat rahasia rahasia makna yang begitu luas dan dalam, sehingga kajian tersebut perlu penjelasan secara rinci agar bisa meminimalisir kesalahan dalam memahaminya. Pemilihan Khat}ib al Iskafi sebagai tokoh utama karena beliau adalah ulama pertama yang membahas secara khusus ayat ayat yang mememilki kemiripan redaksi (mutashabih al lafz) sehingga akan didapatkan penjelasan tentang penafsiran mutashabih al lafz dalam al Qur'an khususnya dalam surat Ali Imran beserta dimensi/aspek aspek i'jaz yang ada didalamnya. Penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research), dengan menelaah bahan bahan pustaka yang berupa buku, jurnal, ensiklopedi, dan sumber sumber lain yang relevan dengan tema bahasan yang dikaji. Sumber data primer yang digunakan adalah kitab Durrah al Tanzil wa Ghurrah al Takwil. Model penelitiannya menggunakan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis) dan komparatif (Muqarran) dalam menganalisis data. Dilihat dari objeknya, penelitian ini merupakan penelitian kebahasaan, karena kajian di dalamnya terkait dengan bahasa dan sastra (balaghah ilmu nahwu, munasabah, dll). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam surat Ali Imran terdapat 13 permasalahn dari 7 ayat yang memiliki kemiripan dengan ayat lainnya. Ada 4 mutasha>bih al lafz} dalam surat Ali Imran, yitu : pendahuluan dan pengakhiran (taqdim dan ta'khir), penambahan dan pengurangan (ziyadah wa nuqsan), penggantian huruf atau kalimat (ibdal) dan perbedaan morfem (muannas dan mudhakkar). Dalam menafsirkan surat Ali Imran, Khatib mengawali dengan sebuah pertanyaan yang menjadi masalah pada setiap ayat yang mirip tersebut beserta ayat padanannya (sebagaimana juga dilakukan pada surat surat yang lain) Dalam menafsirkan ayat, Khatib al Iskafi merujuk pada ayat ayat al Quran itu sendiri yang memiliki keterkaitan dengan ayat sebelum dan sesudahnya (tanasub al ayat) serta memperhatikan sosio historinya. Selain itu juga ditemukan 3 dimensi/aspek aspek i'jaz, diantaranya aspek keindahan bahasa dan uslub al Qur'an, aspek pemenuhan kebutuhan manusia dari sisi aqidah dan syariah dan pemberitaan hal yang ghaib.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruri, Imammasruri.84@gmail.comF12517339
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDThobroni, Ahmad YusamUNSPECIFIED197107221996031001
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Mutashabih al Lafz, I'jaz Qur'an, Khatib al Iskafi
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Masruri Imam
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:57
Last Modified: 12 Aug 2019 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34419

Actions (login required)

View Item View Item