Penerapan Modul Bimbingan Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Mewujudkan Sikap Ta’dzim Anak Usia Dini di RA TAAM Ananda Darmokali Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Rizki Yonanda (2019) Penerapan Modul Bimbingan Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Mewujudkan Sikap Ta’dzim Anak Usia Dini di RA TAAM Ananda Darmokali Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizki Yonanda Putri_B93215083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana efektivitas penerapan modul bimbingan kitab Ta’limul Muta’allim dalam mewujudkan sikap ta’dzim anak usia dini di RA TAAM ANANDA. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan proses treatment berupa penerapan modul bimbingan kitab Ta’limul Muta’allim, dan untuk membuktikan apakah treatment tersebut efektif dalam mewujudkan sikap ta’dzim anak, maka peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design yang berfungsi mengungkap hasil dari semua data dan fakta yang telah diperoleh selama penelitian ini berlangsung. Adapun variabel yang digunakan oleh peniliti ada dua, yaitu varibel X dan variabel Y, yang manamVariabel X (variabel bebas) adalah Penerapan bimbingan kitab Ta’limul Muta’allim sedangkan variabel Y (variabel terikat) adalah mewujudkan sikap ta’dzim anak usia dini. Dengan jumlah populasi yang diambil oleh penelitian adalah 20 anak. Untuk menguji apakah penerapan modul bimbingan kitab Ta’limul Muta’allim efektif dalam mewujudkan sikap ta’dzim anak usia dini, maka peneliti menguji nilai pretest dan posttest dapat dilihat melalui paired Samples Statistics T-Test yang diberikan (treatment) bimbingan kitab Ta’limul Muta’lim. Dalam mengambil nilai pretest dan posttest melalui beberapa tahapan yaitu pertama tahap identifikasi dengan melakukan wawancara terhadap pihak terkait, sepert ustadzah, dan wali murid, tahap kedua diagnosis yang dimana beberapa anak mempunyai sikap yang kurang baik (sering berbicara kotor), ketiga tahap prognosis pada tahap ini peneliti menyimpulkan diperlukannya treatment untuk penanggulangan sikap ta’dzim anak, keempat tahap treatment yang di mana peneliti memberikan materi dari modul selama 3 hari, tahap yang terakhir adalah follow up pada tahap ini peneliti memantau sikap anak. Setelah melalui beberapa tahapan mencari nilai pretest dan posttest hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil penerapan modul bimbingan bimbingan pretest dengan posttest yang artinya penerapan modul bimbingan kitab Ta’limul Muta’alim efektif dalam mewujudkan sikap ta’dzim anak usia dini di RA TAAM ANANDA Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Rizki Yonandaputririzkiyonanda@gmail.comB93215083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd.UNSPECIFIED2001096001/196009011990031002
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Putri Rizki Yonanda
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:48
Last Modified: 09 Aug 2019 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34420

Actions (login required)

View Item View Item