Analisis hukum Islam terhadap khiyar dalam jual beli pakaian di Pasar Tradisional Manukan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amin, Muhammad Chaqqul (2019) Analisis hukum Islam terhadap khiyar dalam jual beli pakaian di Pasar Tradisional Manukan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Chaqqul Amin_C92215172.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (Field Research) dengan judul “Analisis Hukum Islam terhadap K hiyar dalam Jual Beli Pakaian di Pasar Tradisional Manukan Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana pelaksanaan khiyar dalam jual beli pakaian di Pasar Tradisional Manukan Surabaya dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap khiyar syarat dalam jual beli pakaian di Pasar Tradisional Manukan Surabaya. Dalam mengumpulkan dan mengolah data. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan analisis data menggunakan deskriptif, yaitu mengungkapkan realita tentang pelaksanaan khiyar berdasarkan kejadian di lapangan. Kemudian data dianalisis menggunakan pola deduktif, yaitu pelaksanaan khiyar dalam jual beli pakaian di pasar tradisional Manukan Surabaya dalam hukum Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan khiya>r syarat dalam jual beli pakaian terbagi dalam tiga hal. Pertama, perbedaan persyaratan antara pembeli baru dan pembeli lama. Kedua, masa khiyar syarat pembeli baru berbeda dengan masa khiyar syarat pembeli lama. Ketiga, pembeli baru wajib membayar uang jaminan dari pakaian yang dibawa pulang sedangkan pembeli lama tidak ada kewajiban membayar uang jaminan. Kesimpulan dari hasil penelitian pelaksanaan khiyar syarat dalam jual beli pakaian di pasar tradisional Manukan Surabaya menurut hukum Islam adalah hak khiyar syarat merupakan milik hak yang berakad baik penjual dan pembeli. Islam tidak membahas tentang perbedaan antara pembeli baru dan pembeli lama karena agama Islam menganggap semua mempunyai hak yang sama dalam khiyar syarat. Namun tidak menghapus keabsahan dari jual beli pakaian karena masing-masing akad bersifat spesifik Secara teknis pelaksanaan khiyar syarat supaya berjalan sesuai hukum Islam. Penjual menulis peraturan untuk memudahkan pembeli dalam memahami sistem jual beli yang dipakai. Peraturan ditulis disertai dengan ketentuan yang telah disepakati oleh semua penjual pakaian di pasar tradisional Manukan Surabaya sehingga membuat pembeli menyadari bahwa peraturan yang ditulis sudah menjadi adat kebiasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amin, Muhammad Chaqqulhaqqulamin16@gmail.comC92215172
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlum, FahrulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Amin Muchammad Chaqqul
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:50
Last Modified: 16 Aug 2019 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34425

Actions (login required)

View Item View Item