Analisis Hukum Islam Terhadap Undian Berhadiah Shopee Serba 10.000: studi kasus dalam aplikasi Shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Hartik (2019) Analisis Hukum Islam Terhadap Undian Berhadiah Shopee Serba 10.000: studi kasus dalam aplikasi Shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hartik Rahayu_C92215108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan yang berjudul Analisis Hukum Islam Terhadap Undian Berhadiah Shopee Serba 10.000, untuk menjawab pertanyaan; bagaimana praktik undian berhadiah Shopee serba 10.000 dalam studi kasus aplikasi Shopee, dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik Shopee serba 10.000 dalam studi kasus aplikasi Shopee. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumenter terhadap beberapa narasumber dan studi kepustakaan yang digunakan untuk memperkuat analisis. Selanjutnya data disusun dan dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu metode yang prosedur pemecahan penelitiannya mengambil sebuah fakta yang terjadi di lapangan. Kemudian dapat diambil kesimpulan dengan menggunakan pola pikir deduktif, yaitu dengan menjabarkan ketentuan secara umum mengenai praktik undian berhadiah Shopee serba 10.000. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa praktik undian berhadiah Shopee serba 10.000 tidak ada unsur pemaksaan maupun penipuan oleh pihak Shopee karena semua syarat dan ketentuan yang dicantumkan dapat dilihat oleh semua pengguna yang mengikuti hadiah Shopee serba 10.000. Menurut hukum Islam praktik tersebut sah dan diperbolehkan karena tidak ada unsur yang mengandung kerugian atau mudharat. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pihak Shopee memberikan kejelasan mengenai data diri pribadi pihak pemenang undian berhadiah Shopee serba 10.000 atau menampilkan akun yang akurat agar pihak lain tidak mencurigai kecurangan dari pihak Shopee. Untuk pihak pengguna lebih teliti lagi dalam mengikuti promo-promo yang ada pada e-commerce agar tidak terkena penipuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Hartikhartikrahayu19@gmail.comC92215108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, AbdUNSPECIFIED195511181981031003
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Undian Berhadiah: Gharar: Maisir
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahayu Hartik
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:38
Last Modified: 14 Aug 2019 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34434

Actions (login required)

View Item View Item