This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mu'awanah, Mu'awanah (2019) Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Sunan Giri dan Madrasah Tsanawiyah Raden Fattah Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
MU'AWANAH F12317305.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tesis ini meneliti tentang “Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Sunan Giri dan Madrasah Tsanawiyah Raden Fattah Driyorejo Gresik”. Oleh : Mu’awanah, NIM : F 12317305, dosen Pembimbing : Dr. Lilik Huriyah, M. Ag, Kosentrasi Pendidikan Agama Islam, Program : Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya. Adapun rumusan masalah dalam tesis ini adalah : 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Sunan Giri dan Madrasah Tsanawiyah Raden Fattah Driyorejo Gresik ? 2. Bagaimana Kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran Al Qur’an Hadits dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning/CTL di Madrasah Tsanawiyah Sunan Giri dan Madrasah Tsanawiyah Raden Fattah Driyorejo Gresik ? 3. Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat pendekatan Contextual Teaching and Learning/CTL pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Sunan Giri dan Madrasah Tsanawiyah Raden Fattah Driyorejo Gresik ?
Metode penelitian yang digunakan adalah “kualitatif-deskriptif “ karena sifat data yang dikumpulkan bercorak kualitatif, bukan menggunakan data kuantitatif yang menggunakan alat-alat pengukur. Secara praktis dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode , yaitu : wawancara (interview) sebagai tehnik utama dalam penelitian ini, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian di Madrasah Tsanawiyah Sunan Giri dan Madrasah Tsanawiyah Raden Fattah diketahui bahwa sebelum melaksanaan pembelajaran, kedua sekolah tersebut melakukan pendekatan Contextual Teaching and Learning/CTL dengan merencanakan terlebih dahulu materi yang akan diajarkan. Yaitu guru membuat langkah-langkah yang strategis untuk mewujudkannya sesuai dengan tujuan sekolah dan pemerintah, sehingga pembelajaran Al Qur’an Hadits lebih bermakna dan peserta didik lebih produktif, kreatif dan inovatif. Peserta didik akan mudah memahami materi yang diajarkan, dan hasil akhir atau penilaian dapat meningkat. Dengan Contextual Teaching and Learning/CTL peserta didik mampu menemukan makna dari pengetahuan yang diterima dan dihubungkan dengan konteks kehidupan mereka. Di samping itu, CTL juga membuat peserta didik merasa terbebani jika kurang kreatif. Waktu pembelajaran 2 JTM perminggu sangatlah kurang untuk bisa mewujudkan generasi Islam yang Qur’ani, karena membutuhkan waktu yang sangat panjang, maka dibutuhkan kegiatan-kegiatan lain yang bisa mendukung agar terwujud pendidikan yang sesuai dengan harapan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Contextual Teaching and Learning | ||||||||
Keywords: | Contextual Teaching and Learning; Al Qur’an Hadits | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mu'awanah Mu'awanah | ||||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2019 07:02 | ||||||||
Last Modified: | 13 Aug 2019 07:02 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34441 |
Actions (login required)
View Item |