Resiliensi pada recovering addict yang mengalami stigma

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatin, Nawal (2019) Resiliensi pada recovering addict yang mengalami stigma. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nawal Fatin-J01215025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengambarkan resiliensi pada recovering addict yang mengalami stigma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian terdiri dari 3 recovering addict yang telah pulih minimal kurun waktu 2 tahun dan memiliki pekerjaan serta 1 orang significant other dari masing-masing informan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa recovering addict yang mampu menjaga pemulihannya dari adiksi narkoba memiliki kemampuan resiliensi yang baik tergambar dengan tujuh aspek yaitu regulasi emosi, sikap optimis, mampu mengendalikan impuls, mampu menganalisis akar masalah, bersikap empati, memiliki self-efficacy dan usaha pemberdayaan diri. Kemampuan resiliensi pada recovering addict dalam menghadapi stigma ditunjukkan dengan keterampilan mengelola emosi, bersikap tenang dan tidak peduli dengan komentar negatif orang lain, berusaha membalas sikap buruk orang lain dengan berperilaku baik, menyapa dan memberikan salam, membangun keyakinan dan pikiran optimis, menjadi model positif bagi keluarga dan recovering addict yang lain, percaya pada kemampuan diri, aktif berkiprah dalam kegiatan sosial dan berupaya memberdayakan diri melalui peran sebagai konselor adiksi, pegiat sosial dan wirausaha. Selain sikap resiliensi di atas, ditemukan juga resiliensi yang lain berupa sikap asertif, perasaan syukur, dialog imaginer dan kemampuan memanfaatkan sumber bantuan secara efektif. Faktor yang mempengaruhi kemampuan resiliensi pada recovering addict antara lain kekuatan internal, sikap waspada terhadap narkoba, dukungan dari keluarga dan orang dekat beserta spritualitas yakni iman dan hidayah Tuhan.

Kata kunci: stigma, resiliensi, recovering addict, NAPZA

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatin, Nawalnawalfatin15@gmail.comJ01215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorMukhoyyaroh, TatikUNSPECIFIED197605112009122002
Subjects: Psikologi
Keywords: Resiliensi ; recovering addict
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: FATIN NAWAL
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:34
Last Modified: 14 Aug 2019 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34467

Actions (login required)

View Item View Item