Konseling keluarga dalam meningkatkan Pola Asuh Autoritatif seorang Ibu di Desa Margoagung Sumberrejo Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Alifatun (2019) Konseling keluarga dalam meningkatkan Pola Asuh Autoritatif seorang Ibu di Desa Margoagung Sumberrejo Bojonegoro. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifatun Ni'mah_B73214059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Konseling Keluarga dalam Meningkatkan Pola Asuh Autoritatif Seorang Ibu di Desa Margoagung Sumberrejo Bojonegoro?. (2) Bagaimana Hasil Konseling Keluarga dalam Meningkatkan Pola Asuh Autoritatif Seorang Ibu di Desa Margoagung Sumberrejo Bojonegoro? Dalam Menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa proses dan hasil akhir pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dengan Meningkatkan Pola Asuh Autoritatif untuk memperbaiki Pola Asuh Seorang Ibu Terhadap Anak menggunakan analisa deskriptif komparatif dengan membandingkan data teori dan datan yang terjadi di lapangan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hubungan anak dan ibu kurang harmonis, kurang adanya rasa patguh dan hormat dari anak terhadap ibu. Dalam proses ini konseling menggunakan Konseling Keluarga dalam Meningkatkan Pola Asuh Autoritatif dan menggunakan 5 teknik meliputi teknik Role Playing (bermain peran), Cronfontasion (konfrontasi), Listening (mendengarkan), Summary (menyimpulkan), Reflektion (refleksi). Konselor menunjukkan konseli bahwa masalah yang dihadapi berkaitan dengan keyakinan dan irrasionalnya, kemudian membawa konseli pada tahap kesadaran, konselor memperbaiki cara berfikir dan gagasan-gagasan irrasional konseli menuju gagasan rasional dan logis, konselor ikut terlibat dalam memberi alternatif pemecahan masalah, dan pemberian tugas dalam memperbaiki perilaku konseli. Dan semua 5 teknik tersebut dilaksanakan dalam berurutan dalam prosesnya. Dengan pendekatan ini konseli di harapkan mampu berfikir yang rasional dalam mendidik anak dan mengasuh anaknya agar tidak di sertai dengan kekerasan fisik maupun verbal, sedangkan proses hasil akhir dapat di lihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku konseli untuk lebih sabar dan tidak mudah terpancing emosi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, Alifatunalifatunqomarudin9@gmail.comB73214059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Ibadah
Keywords: Pola Asuh Autoritatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ni'mah Alifatun
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:25
Last Modified: 12 Aug 2019 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34502

Actions (login required)

View Item View Item