Strategi Meningkatkan Kesejahteraan Umat Berbasis Masjid: Studi pada Crisis Center Dhuafa' Masjid Baitul Mukminin Vancouver Puri Surya Jaya Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yahya, Ilmi Hanafis (2019) Strategi Meningkatkan Kesejahteraan Umat Berbasis Masjid: Studi pada Crisis Center Dhuafa' Masjid Baitul Mukminin Vancouver Puri Surya Jaya Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmi Hanafis Yahya_G74215069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Meningkatkan Kesejahteraan Umat Berbasisi Masjid Studi Pada Crisis Center Dhuafa’ Masjid Baitul Mukminin Vancouver Puri Surya Jaya Gedangan Sidoarjo” ini membahas mengenai strategi yang digunakan oleh Masjid Baitul Mukminin dalam menyejahterakan umat di Gedangan Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah bagaimana strategi meningkatkan kesejahteraan berbasis masjid tersebut dan juga bagaimana peningkatan kesejahteraan dengan adanya strategi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif dengan menggunakan teknik analisis kualitataif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data didapat secara langsung melalui wawancara kepada Founder Crisis Center Dhuafa’ dan juga para penerima program Crisis Center Dhuafa’. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan Masjid Baitul Mukminin untuk meningkatkan kesejahteraan umat adalah dengan membentuk Crisis Center Dhuafa’. Dimana Crisis Center Dhuafa ini memiliki program-program yang digunakan sebagai strategi meningkatkan kesejahteraan umat. Adapun peningkatan kesejahteraan tersebut berupa bertambahnya pendapatan para pengusaha penerima program BAMBU (Bantuan Modal Berwirausaha), berkuranganya alokasi biaya konsumsi para penerima PASTA (Paket Sembako Cinta Dhuafa’), kemudahan untuk melanjutkan pendidikan para penerima SANTAN (Santunan Pendidikan Anak Yatim), kemudahan untuk mendapatkan layanan kesehatan bagi para penerima program DAHSYAT (Dana Sehat Umat), kemudahan mendapatkan fasilitas tempat tinggal para penerima SEDAP (Sedekah Tanggap), dan kemudahan mendapatkan tempat tinggal bagi para penerima program Pos Kemanusiaan. Crisis Center Dhuafa’ diharapkan bisa mempertahankan dan mengembangkan strategi tersebut dari segi penghimpunan dana dan pendistribusiannya agar semakin banyak umat yang tersejahterakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yahya, Ilmi Hanafisilmiyahya13@gmail.comG74215069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com197510162002121001
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yahya Ilmi Hanafis
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:42
Last Modified: 13 Aug 2019 03:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34510

Actions (login required)

View Item View Item