Peran Organisasi Putri Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Alfian Nur (2019) Peran Organisasi Putri Di Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfian Nur Muhammad_F52917003.pdf

Download (13MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian yang dilakukan di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto (Pondok Pesantren Nurul Ummah). Ada tiga rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini. 1) Apa program organisasi putri di Pondok Pesantren Nurul Ummah, Pacet, Mojokerto ? 2) Bagaimana teknik pelaksanaan program organisasi putri di Pondok Pesantren Nurul Ummah, Pacet, Mojokerto ? 3)Bagaimana peran organisasi putri di Pondok Pesantren Nurul Ummah, Pacet, Mojokerto? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara yang mendalam. Metode ini dipilih agar data penelitian bersifat mendalam dan menyeluruh. Adapun informan penelitian adalah kepala sekolah, santri yang saat ini menjabat sebagai anggota Organisasi WIsSNU di pesantren serta pembantu informan lain.Adapun hasil dari penelitian ini adalah;1) Program-program organisasi WIsSNU putri lebih fokus dalam menanamkan jiwa kedisiplinan santriwati dan meningkatkan kemampuan muhadtasah dan conversation. Program tersebut dijalankan oleh badan otonom BKS (Brigade Kedisiplinan Santri) dan LAPENSA (Lembaga Pengembangan Bahasa). 2) Teknik pelaksanaan program kerja WIsSNU Putri terbagi menjadi tiga bagian; pertama, Bimbingan dan pelatihan. Kedua, Pendisiplinan secara formal melalui perekapan. Ketiga, Hukuman bagi pelanggar peraturan. 3) Program kerja WIsSNU Putri dapat membentuk karakter santriwati baik dari segi internal maupun eksternal. Dari segi internal bahwa organisasi ini mampu meningkatkan energi positif pada potensi spiritual, emosional, dan intelektual. Sedangkan dari segi eksternal, terbentuknya lingkungan yang positif di lingkungan pesantren, disebabkan adanya persaingan antara anggota WISsNU putra dan putri untuk bisa berkontribusi dalam mengembangkan pesantren. Keberadaan organisasi santriwati di pondok pesantren Nurul Ummah sebagai wadah untuk meningkatkan kesadaran gender yang memberikan peran kepada santriwati untuk mengembangkan dirinya dan pondok pesantren.Setelah penulis menyelesaikan penelitian ini, maka penulis memberikan saran kepada lembaga pendidikan serta pemerintah supaya organisasi kepemudaan terutama dari kalangan santriwan/santriwati lebih diperhatikan, dibimbing, didukung dan dikembangkan. Sebab organisasi kepemudaan sangat bermanfaat bagi bangsa dan Negara, khususnya generasi muda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Alfian Nuralfiannur89@gmail.comF52917003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
ConsultantJunaidy, Abdul BasithUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dirasah Islamiyah
Keywords: Peran Organisasi Putri ; Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Muhammad Alfian Nur
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:14
Last Modified: 14 Aug 2019 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34511

Actions (login required)

View Item View Item