منهج تعليم مادة النحو في معهد علي بن أبي طالب بسورابايا ومعهد بن الخطاب بسورابايا (دراسة مقارنة)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarqawi, Abdullah (2019) منهج تعليم مادة النحو في معهد علي بن أبي طالب بسورابايا ومعهد بن الخطاب بسورابايا (دراسة مقارنة). Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
ABDULLAH SYARRQAWI_F52617186.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan kurikulum pembelajaran nahwu di STAI Ali bin Abi Talib Surabaya dan Mahad Umar bin Khattab, mengetahui persamaan dan perbedaan penerapan pembelajaran materi nahwu semester empat di STAI Ali bin Abi Talib Surabaya dan Mahad Umar bin Khattab, serta mengetahui kemampuan mahasiswa semester empat dalam materi nahwu di STAI Ali bin Abi Talib Surabaya dan Mahad Umar bin Khattab. Peneliti melakukan penelitian lapangan-kualitatif untuk membandingkan dua kampus. Peneliti memperoleh beberapa hasil, yang di antaranya adalah bahwa STAI Ali bin Abi Thalib menggunakan media lebih bervariasi disbanding Mahad Umar bin Khattab, serta kemampuan mahasiswa semester empat di STAI Ali bin Abi Thalib lebih unggul dibanding Mahad Umar bin Khattab. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Apa persamaan dan perbedaan kurikulum pembelajaran nahwu di stai Ali bin Abi Talib Surabaya  dan Mahad Umar bin Khattab Surabaya?. 2. Apa persamaan dan perbedaan penerapan pembelajaran nahwu di stai Ali bin Abi Talib Surabaya dan Mahad Umar bin Khattab Surabaya?. 3. Bagaimana kemampuan para mahasiswa semester 4 di stai Ali bin Abi Talib Surabaya dan Mahad Umar bin Khattab Surabaya? Untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut, peneliti menggunakan bahan-bahan penelitian; wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya dan Mahad Umar bin Khattab Surabaya sama-sama menggunakan kurikulum yang sama. 2. Penerapan pembelajaran nahwu di keduanaya terdapat beberapa perbedaan, diantaranya adalah penggunaan media pembelajaran di STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya lebih sering dibanding Mahad Umar bin Khattab Surabaya. 3. Kemampuan mahasiswa STAI Ali bin Abi Thalib lebih unggul dibanding mahasiwa Mahad Umar bin Khattab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarqawi, AbdullahAbdashauri@gmail.comF52617186
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Akhmad MirwanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Kurikulum Pendidikan ; Nahwu
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarqawi Abdullah
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:28
Last Modified: 14 Aug 2019 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34547

Actions (login required)

View Item View Item