Studi Prinsip Dasar Etika Bisnis Islam terhadap Implementasi Biometrika Neuromarketing dalam Strategi Pemasaran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Kisti Nur (2019) Studi Prinsip Dasar Etika Bisnis Islam terhadap Implementasi Biometrika Neuromarketing dalam Strategi Pemasaran. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kisti Nur Aliyah_F02417125.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, kegiatan pemasaran (marketing) juga berkembang sangat pesat. Teori mutakhir yang kini tengah diusung adalah konsep biometrika neuromarketing yang faktanya dapat mempengaruhi psikologi konsumen sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk, barang atau jasa yang ditawarkan. Teknik pencitraan otak digunakan dalam penelitian biometrika neuromarketing dengan memakai fMRI, EEG, Eye tracking dan lain-lain. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan urgensi penggunaan teknologi biometrika neuromarketing dalam strategi pemasaran, menganalisis implementasi biometrika neuromarketing dalam strategi pemasaran serta menganalisis perspektif prinsip dasar etika bisnis Islam terhadap penggunaan teknologi dan implementasi biometrika neuromarketing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Data didapatkan dari jurnal-jurnal yang membahas tentang penggunaan teknologi tersebut, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biometrika neuromarketing merupakan teknologi yang sangat efektif dalam membantu pemasar dalam menetapkan strategi pemasaran karena dengan menggunakan teknologi ini, pemasar mendapatkan data internal yang sangat berharga dalam otak tak sadar konsumen. Tetapi dalam implementasinya, terdapat penyimpangan terhadap prinsip dasar etika bisnis Islam diantaranya adalah penggunaan diskon psikological, sense of urgency dan penipuan dalam beriklan. Sedangkan dalam penggunaan teknologinya, ada tiga hal yang disoroti diantaranya adalah isu menaklukkan pikiran dan menggunakannya dalam kepentungan iklan, isu melanggar kehendak bebas konsumen serta isu pelanggaran pedoman federal dengan menggunakan subjek manusia. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar fokus terhadap kajian etika bisnis Islam terhadap penggunaan teknologi biometrika neuromarketing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, Kisti Nurkistyalkahfi@gmail.comF02417125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, IskandarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pemasaran
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Aliyah Kisti
Date Deposited: 12 Aug 2019 03:30
Last Modified: 12 Aug 2019 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34552

Actions (login required)

View Item View Item