Interaksi guru dan murid menurut syaikh Al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azka, Aqil (2019) Interaksi guru dan murid menurut syaikh Al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Aqil Azka_F12316219.pdf

Download (5MB)

Abstract

Interaksi pendidikan adalah hubungan timbal balik dari seorang guru dan murid dalam mencapai tujuan pendidikan. Interaksi di dalam kelas muncul melalui aktifitas pembelajaran seperti; penyampaian materi, diskusi, dialog, pengarahan, pemberian nasehat, dan aktifitas lain yang muncul dari seorang guru. Dalam konteks ini, respon siswa melalui perilakunya, tidak jauh berbeda dengan pesan dan simbol yang mereka dapatkan dari gurunya. Sebagaimana diketahui, al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari, merupakan dua tokoh yang memiliki peran dan pengaruh yang besar dalam pendidikan di Indonesia. Perhatian keduanya sangat fokus dalam pembentukan karakter dan kepribadian religius, melalui pembiasaan etika di lingkungan pembelajaran, disamping juga tidak ketinggalan tentang penguatan pengetahuan dan daya analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang interaksi guru dan murid menurut al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari. Dengan fokus pada substansi pemikiran al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari tentang interaksi guru dan murid serta relevansinya terhadap pendidikan saat ini. Peneilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan sumber-sumber kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan metode induktif, deduktif dan deskriptif. Mengklasifikasi, kemudian melakukan generalisasi dan memetakan gagasan yang spesifik dari keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari memiliki keselarasan penekanan pada tazkiyah al-nafs, keseriusan, kecakapan, motivasi tinggi untuk mencapai tujuan. Guru menurut keduanya adalah sosok paripurna dan panutan yang mendorong tumbuhnya sikap hormat dan patuh disertai menejemen waktu yang produktif untuk mencapai al-ilmu al-Nafi’ melalui akhlaq al-Karimah. Temuan dari penelitian ini menunjukkan pola interaksi guru dan murid menurut al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari, yakni; tazkiyah al-Nafs, Akhlaq al-Karimah, Ahli dan cakap, kasih sayang, hormat dan patuh, serta sabar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azka, Aqilzakatazky@gmail.comF12316219
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkyzakkif@gmail.com197404242000031001
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Relevansi; Pola; Interaksi; Guru; Murid, al-Zarnuji; KH. Hasyim Asy’ari.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azka Aqil
Date Deposited: 12 Aug 2019 06:58
Last Modified: 12 Aug 2019 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34557

Actions (login required)

View Item View Item