Analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap tradisi Mengaji Pranikah di Desa Kelangonan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fariha, Masning (2019) Analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap tradisi Mengaji Pranikah di Desa Kelangonan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masning Fariha_C01215018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi “Analisis Mas}lah}ah Mursalah Terhadap Tradisi Mengaji Pranikah Di Desa Kelangonan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik” yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana tradisi mengaji sebelum melakukan akad nikah di Desa Kelangonan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik dan bagaimana analisis Mas}lah}ah Mursalah terhadap tradisi mengaji sebelum melakukan akad nikah di Desa Kelangonan Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik Penelitian ini merupakan penelitian lapangan kualitatif yang teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi dan wawancara kepada beberapa tokoh masyarakat sebagai guru pembimbing, calon pengantin dan masyarakat setempat. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis dengan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi mengaji pranikah ini sudah ada sejak dulu dan dibimbing oleh dua guru pembimbing penyusun kitab pedoman praktis menuju keluarga sakinah dan kitab tuntunan menuju rumah tangga Islami. Metode bimbingan yang dilakukan berupa bimbingan secara bersama-sama yang diikuti beberapa calon pengantin dan metode bimbingan secara individual yang diikuti sepasang calon pengantin. Isi materi yang disampaikan mengenai fikih munakahat, amalan-amalan dalam pernikahan dan upayah guru pembimbing dalam pembetukan keluarga sakinah kepada pasangan pengantin. Tradisi tersebut sesuai dengan mas}lah}ah mursalah karena memiliki beberapa kemaslahatan antara lain memberikan manfaat besar bagi calon pengantin dalam memberikan bekal untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan serta meminimalisir terjadinya angka perceraian. Selain itu, tradisi tersebut juga menggantikan peran BP4 yang kurang efektif di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.Berdasarkan hasil penelitian diatas maka warga masyarakat Desa Kelangonan yang akan menikah hendaknya mengikuti mengaji pranikah agar lebih memahami dan mengamalkan ketentuan fikih munakahat dan KUA Kecamatan Kebomas hendaknya bekerjasama dengan guru pembimbing dalam memberikan bimbingan pranikah kepada masyarakat untuk menghidupkan kembali peran BP4 yang kurang efektif di Kantor Urusan Agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fariha, Masningmasningfariha@gmail.comC01215018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlya, ZakiyatulUNSPECIFIED199007122015032008
Subjects: Nikah
Perkawinan
Keywords: Mengaji Pranikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Fariha Masning
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:07
Last Modified: 16 Aug 2019 06:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34562

Actions (login required)

View Item View Item