Makna Sekolah Lapang Usaha Nelayan "Yayasan Srikandi" bagi Masyarakat Pesisir dalam Teori Struktur Fungsional Talcott Parsons di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farij, Ahmad (2019) Makna Sekolah Lapang Usaha Nelayan "Yayasan Srikandi" bagi Masyarakat Pesisir dalam Teori Struktur Fungsional Talcott Parsons di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Farij_I73215020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu terkait dengan proses sekolah lapang usaha nelayan di Desa Karanggagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban serta makna sekolah lapang usaha nelayan bagi masyarakat pesisir di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif dengaan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori struktur fungsional dengan pola AGIL Talcott Parsons (adaptation, goal attainment, integration, latent pattern maintance) untuk melihat fenomena yang terjadi pada sekolah lapang usaha nelayan “yayasan Srikandi” di Desa Karangagung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Ada beberapa tahapan atau proses-proses dalam pelaksanaan sekolah lapang usaha nelayan “yayasan Srikandi” yaitu pertama, tahap pra survey, tahap survey, tahap perencanaan, tahap kontrak belajar, dan tahap penyusunan kurikulum. 2) Masing-masing kelompok mempunyai tolak ukur dalam memaknai sekolah lapang usaha nelayan yayasan Srikandi. Tolak ukur tersebut tersebut dipahami, diamati, dan dijalankan oleh kelompok usaha nelayan dalam memaknai kegiatan sekolah lapang usaha nelayan yayasan Srikandi. Jadi tolak ukur - tolak ukur inilah yang harus dipenuhi oleh pihak yayasan srikandi supaya keinginan untuk mencapai tujuan anatar keduanya sama-sama mendapatkan goal yang diinginkan. Selain itu, ditemukan juga makna lain, namun sifatnya masih berubah-ubah. Perubahan itu tergantung pada konteks sosial dimana masyarakat sadar akan ilmu pengetahuan atau tidak. Hasil ini menunjukkan telah terjadi pergeseran makna mengenai sekolah lapang usaha nelayan yayasan Srikandi dikalangan masyarakat yang tidak ikut serta dalam sekolah lapang usaha nelayan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farij, Ahmadfar.farij@gmail.comI73215020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, RrUNSPECIFIED195801131982032001
Subjects: Sosiologi
Keywords: Sekolah Lapang Usaha Nelayan; Masyarakat Pesisir
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Farij Ahmad
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:04
Last Modified: 14 Aug 2019 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34568

Actions (login required)

View Item View Item