Konseling Islam dengan Teknik Self Management untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar Siswi Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Jadid Program Keagamaan Paiton Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yunin, Qurrotu (2019) Konseling Islam dengan Teknik Self Management untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar Siswi Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Jadid Program Keagamaan Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrotu A'yunin_B53215056.pdf

Download (13MB)

Abstract

Motivasi merupakan dorongan, keinginan, dan hasrat yang menggerakkan individu untuk melakukan apapun, salah satunya adalah motivasi belajar. Proses pembelajaran yang dilakukan sepanjang hayat ini sangat membutuhkan adanya motivasi yang kuat dan selalu stabil. Apabila motivasi belajar individu kuat, maka ketekunan belajarnya akan meningkat yang kemudian prestasinya akan meningkat juga, demikian pula sebaliknya pada individu yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal ini yang menjadi fokus penelitian ini, yakni mengatasi problema seorang siswi yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Maka dibutuhkan bantuan dari guru atau konselor dalam proses konseling, salah satunya dengan teknik self management atau pengelolaan diri. Rumusan masalah penelitian terdiri dari dua rumusan, yaitu: (1) Bagaimana proses pelaksanaan konseling Islam dengan teknik self management untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswi kelas X Madrasah Aliyah Nurul Jadid Program Keagamaan Paiton Probolinggo? (2) Bagaimana hasil pelaksanaan konseling Islam dengan teknik self management untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswi kelas X Madrasah Aliyah Nurul Jadid Program Keagamaan Paiton Probolinggo? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh sepenuhnya, peneliti menganalisa data menggunakan analisis komparatif deskriptif. Artinya membandingkan data teori dengan data lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan self management mengacu pada tahapan-tahapan konseling (identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi, dan follow up) dan tahapan pada teknik self management. (2) Sedangkan hasil akhir dari konseling Islam dengan teknik self management ini adalah berhasil, dilihat dari target perilaku yang dicapai oleh konseli serta intensitas perilaku bermasalah semakin menurun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yunin, Qurrotuqurrotuayunin97@gmail.comB53215056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarif_konselor@yahoo.co.id197708082007101004
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Motivasi belajar; self management;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: A'yunin Qurrotu
Date Deposited: 12 Aug 2019 03:09
Last Modified: 12 Aug 2019 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34571

Actions (login required)

View Item View Item