Pesan dakwah K.H. Abdul Ghofur dalam kajian kitab Ihya’ Ulumuddin bab tawakal di Youtube Persada Sunan Drajat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dhiyauddin, Muhammad (2019) Pesan dakwah K.H. Abdul Ghofur dalam kajian kitab Ihya’ Ulumuddin bab tawakal di Youtube Persada Sunan Drajat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Dhiyauddin_B01212020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah Apa Pesan Dakwah K.H. Abdul Ghofur Dalam Kajian Kitab Ihya’ Ulumuddin bab “Tawakal” Di YouTube Persada Sunan Drajat Lamongan. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. diperoleh melalui hasil observasi, observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Serta mengunakan teknik analisis isi untuk menganalisa data. Penyajian data dari penelitian ini menggunakan format Analisis isi yaitu dengan tujuan untuk menggambarkan, meringkas yang ada pada record Youtube pada Pesan dakwah dikajian kitab ihya’ulumuddin pada tema tawakkal di Youtube Persada Lamongan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Apa Pesan Dakwah K.H. Abdul Ghofur Dalam Kajian Kitab Ihya’ Ulumuddin tema “Tawakal” Di YouTube Persada Sunan Drajat Lamongan. dapat disimpulkan menjadi tiga kategori yaitu akidah dari pesan dakwah yang disampaikan K.H. Abdul Ghofur kategori akidah, lebih banyak mengulas tentang sunnatullah atau hukum sebab akibat dengan menjelaskan kisah Nabi Musa yang menolak saran dari kaumnya Bani Israil. Allah menegur Nabi Musa karena tidak cukup hanya pasrah atau bertawakal kepada Allah tanpa usaha mencari obat. Pesan dakwah kategori akhlak Pada kategori akhlak, K.H Abdul Ghofur menjelaskan nilai-nilai akhlak kepada diri sendiri, kepada sesama manusia dan kepada Allah. Seorang hamba belum bisa disebut beriman dan beraqidah jika belum bisa berakhlak. Seseorang yang diberi ujian penyakit sangatlah perlu berfikir tentang bagaimana ulah dan akhlaknya masing-masing. Pesan dakwah kategori syariah Pada kategori ini K.H Abdul Ghofur lebih banyak memberikan pesan dakwah berupa suatu resep, kiat, doa-doa, maupun amalan yang sudah diajarkan oleh Allah dan para Nabi. Seperti bagaimana usaha agar memiliki keturunan yang rupawan, panjang umur, sembuh dari penyakit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dhiyauddin, Muhammaduudbento@gmail.comB01212020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abd.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Strategi
Keywords: Pesan dakwah; Media Youtube; Analisis Isi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dhiyauddin Muhammad
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:28
Last Modified: 16 Aug 2019 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34594

Actions (login required)

View Item View Item