Eksistensi Industri Genteng Karang Penang di era modern tinjauan teori struktural fungsional Talcott Parsons: studi di Desa Tlambah Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husin, Husin (2019) Eksistensi Industri Genteng Karang Penang di era modern tinjauan teori struktural fungsional Talcott Parsons: studi di Desa Tlambah Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husin_I03215005.pdf

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu terkait dengan Eksistensi Industri Genteng Karang Penang Di Era Modern Desa Tlambah Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang, serta mencoba mencari tau cara bertahan masyarakat industri genteng karang penang di era modern Desa Tlambah Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang. Metode yang digunakan adalah metode deskritif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori struktur fungsional dengan pola AGIL Talcott Parsons (adaptation, goal attainment, integration, latency) untuk melihat fenomena yang terjadi pada industri genteng karang penang di era modern“genteng karang penang” di Desa Tlambah Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1. Eksistensi industri genteng karang penang perlahan mengalami penurunan, penurunan terjadi sejak beberapa tahun terakhir, minat masyarakat mulai berkurang hal ini dibuktikan dengan menurunnya permintaan pasar, adapun beberapa masalah yang mempengaruhi eksistensi industri genteng karang penang adalah: a) Kualitas genteng karang penang yang dianggap tradisional, b) Era modern pada masyarakat desa, c) Ancaman industrialisasi modern, d) Harga jual yang tidak menentu, 2. Upaya atau cara bertahan industri genteng karang penang adalah: a) Inovasi corak dan bentuk untuk menarik minat pasar. b) Perluasan pasar dengan cara memperbanyak relasi atau hubungan dengan pedagang dari madura maupun luar kota dan perluasan pasar dengan cara memanfaatkan media sosial oleh kalangan remaja Desa Tlambah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husin, HusinHuzainali@gmail.comI03215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti UmdatulUNSPECIFIED197607182008012022
Subjects: Sosiologi
Keywords: Eksistensi Industri Genteng Di Era Modern; Genteng Karang Penang
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Husin Husin
Date Deposited: 19 Aug 2019 07:20
Last Modified: 19 Aug 2019 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34595

Actions (login required)

View Item View Item