Implementasi Kurikulum Ma'had Aly: studi Multisitus di pondok pesantren Iqna' Ath-Thalibin Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah dan pondok pesantren Nurul Haromain Pujon Malang Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Haroki, Muhammad Romadlon Himam. (2019) Implementasi Kurikulum Ma'had Aly: studi Multisitus di pondok pesantren Iqna' Ath-Thalibin Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah dan pondok pesantren Nurul Haromain Pujon Malang Jawa Timur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Romadlon Himam Al Haroki_F02317093.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kurikulum Ma’had Aly Iqna’ Ath-Thalibin Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah dan Ma’had Aly Nurul Haromain Pujon Malang. (2). Implementasi kurikulum Ma’had Aly Iqna’ Ath-Thalibin Al-Anwar Sarang Rembang dan Ma’had Aly Nurul Haromain Pujon Malang. (3). Faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum Aly Iqna’ Ath-Thalibin Al-Anwar Sarang Rembang Jawa Tengah dan Ma’had Aly Nurul Haromain Pujon Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan desain multi situs. Penelitian dilakukan di (1). Ma’had Aly Iqna’ Ath-Thalibin Al-Anwar Sarang Rembang (2). Ma’had Aly Nurul Haromain Pujon Malang. Subjeknya adalah para pimpinan (mudir) Ma’had Aly dan data pendukung lainnya. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah; (1). Kurikulum Ma’had Aly Iqna’ Ath-Thalibin Al-Anwar memiliki prinsip keseimbangan, dan prinsip moderasi. sedangkan Ma’had Aly Nurul Haromain memiliki prinsip kemandirian. Ma’had Aly Iqna’ Ath-Thalibin Al-Anwar mengintegrasikan kurikulum dari Kemenag dan kurikulum Ma’had sendiri berupa prodi fiqh ushul fiqh dan tasawuf. Sedangkan Ma’had Aly Nurul Haromain menggunakan Shohih Bukhori Muslim dan Sunan Turmudzi sebagai pelajaran wajib. Landasan kurikulum terdiri dari landasan filosofis dan sosial budaya. (2). Implementasi Kurikulum di dua Ma’had dilakuakan dengan membuat agenda-agenda harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Prinsip-prinsip pengembangan silabus terdiri dari prinsip Ilmiah, relevan, kontinuitas dan konsisten. Pelaksanaan implementasi kurikulum dimulai dengan pembukaan, inti dan salam. Rumusan dan tujuan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode pembelajarannya menggunakan metode sorogan, bandongan dan diskusi (suhbah). Evaluasi di lakukan secara formatif dan sumatif. (3). Faktor pendukung sangat di pengaruhi oleh ketokohan (kiai), fasilitas Ma’had, kepercayaan wali mahasantri dan dukungan masyarakat kepada Ma’had. Faktor penghambat di Ma’had Aly Iqna’ Ath-Thalibin Al-Anwar terletak pada kurangnya kedisiplinan mahasantri serta masih kurangnya sarana parasarana. Sedangkan faktor penghambat di Ma’had Aly Nurul Haromain lebih ke faktor ekternal antara masyarakat sekitar dan mahasantri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Haroki, Muhammad Romadlon Himam.himam.alharoki@gmail.comF02317093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda,, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com197001072001121001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Implementasi Kurikulum Ma'had Aly
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Al Haroki Muhammad Romadlon Himam
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:14
Last Modified: 13 Aug 2019 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34606

Actions (login required)

View Item View Item