Bani Israel dalam Alquran: interpretasi Muhammad Sayyid Thanthāwi dalam kitab Tafsir Al Wasīṭ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nurul (2019) Bani Israel dalam Alquran: interpretasi Muhammad Sayyid Thanthāwi dalam kitab Tafsir Al Wasīṭ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hidayati_E03215043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Sayyid Thanthāwi adalah seorang pemikir islam dan juga mufasir kontemporer yang akrab dengan kitab tafsirnya al-Wasīṭ. Dalam salah satu karyanya yakni tafsir al al-Wasīṭ yang menjelaskan tafsir surat al-Fatihah hingga an-Nas. Ia menjelaskan keberadaan Orang Bani Israel pada suatu masa telah menjadi bangsa yang dipilih oleh Allah dan kepada mereka dikirimkan-Nya banyak Nabi. Fokus penelitian ini adalah membahas tentang tafsir al-Wasīṭ dari perspektif disiplin keilmuan tafsir dimana tujuan utamanya adalah memperoleh jawaban dari 1) Bagaimana metodologi penafsiran Muhammad Sayyid Thanthāwi terhadap ayat-ayat Bani Israel 2)Bagaimana interpretasi afirmatif Thanthāwi terhadap ayat-ayat Bani Israel dalam tafsir al-Wasīṭ. Untuk mencapai penelitian, penelitian ini bersifat library research dengan menggunakan metode deskriptif-analisis berdasarkan data yang digunakan dalam penelitian ini maka sumber datanya mengambil dari tafsir al-Wasīṭ li Alquran al-Karim sebagai sumber data primer dan sumber data sekundernya berasal dari kitab Banu Israel fi Alquran wa al-Sunnah, sejarah Yahudi dan zionisme, Kisah Para Nabi, dan sumber lain yang memiliki kesesuaian dalam penelitian. Hasil dari penelitian yang diperoleh dari interpretasi Muhammad Sayyid Thanthāwi terhadap ayat-ayat Bani Israel adalah pertama, pada ayat-ayat yang mengisahkan tentang Bani Israel metodologi yang digunakan Thanthāwi adalah dengan pendekatan sejarah dan menggunakan teori qasash Alquran. Kedua adalah sikapnya terhadap penafsiran ayat-ayat Bani Israel begitu netral tanpa diliputi rasa kebencian karena tafsir al-Wasīṭ diciptakan tanpa dilatar belakangi oleh unsur politik maupun sosial sehingga penafsirannya cenderung halus. Apabila penafsirannya dibandingkan dengan Sayyid Quthb yang cenderung lebih keras dan diliputi rasa kebencian terhadap Bani Israel.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nurulnurulhidayati131998@gmail.comE03215043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Muhammad HadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorIwanebel, Fejrian YazdajirdUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hidayati Nurul
Date Deposited: 21 Aug 2019 05:00
Last Modified: 21 Aug 2019 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34608

Actions (login required)

View Item View Item