Upaya pondok pesantren dalam mengembangkan Life Skill santri di Pondok Pesantren Putri Al Mawaddah Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Ulfah (2019) Upaya pondok pesantren dalam mengembangkan Life Skill santri di Pondok Pesantren Putri Al Mawaddah Ponorogo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfah Hasanah_F02317108.pdf

Download (3MB)

Abstract

lembaga pendidikan Islam mempunyai andil yang sangat besar untuk mengiringi prosesnya dalam menjalankan hidup. karena dalam orientasinya, pendidikan islma harus mampu menyiapkan sumber daya manusia yang tidak hanya sekedar sebagai penerima arus informasi global namun juga harus memberikan bekal kepada mereka agar bisa survive the life. oleh karena itu pondok pesantren putri al-mawaddah selain memberikan bekal ilmu agama juga melakukan upaya pengembangan life skill untuk santri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1) bagaimana life skill di pondok pesantren putri Al-Mawaddah ponorogo 2) bagaimana upaya pengembangan life skill di pondok pesantren putri Al-Mawaddah 3) apa faktor pendukung dan penghambat pengembangan life skill di pondok pesantren putri Al-Mawaddah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan metode induktif, deduktif, intepretasi data dan metode komparatif. Hasil penelitian imi adalah upaya pengembangan life skil santri di pondok pesantren putri Al-Mawaddah sudah cukup baik. life skill yang dikembangkan meliputi personal skill, sosial skill, akademik skill dan vokasional skill. upaya pengembangan life skill santri dilakukan dengan tiga tahap yaitu pengajaran, pembiasaan dan penugasan. faktor pendukung upaya pengembangan life skill santri pondok pesantren putri Al-Mawaddah adalah minat santriwati, fasilitas yang memadai dan mengadakan kegiata kegiatan terkait pengembangan life skill. adapun faktor penghambatnya adalah kurang tenaga pengajar profesional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Ulfahyusfa162@gmail.comF02317108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir MalikiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasanah Ulfah
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:26
Last Modified: 12 Aug 2019 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34621

Actions (login required)

View Item View Item